Obyek Wisata Pura Taman Ayun Mulai Hari ini Ditutup

    


Wisatawan mancanegara masih mendatangi obyek wisata Pura Taman Ayun, Sabtu, 21 Maret 2020. Namun mereka tidak bisa mengakses hingga ke dalam areal Pura karena untuk sementara ditutup untuk memutus penyebaran covid-19 - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Menyikapi seruan Gubernur Bali, obyek wisata Pura Taman Ayun di Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, mulai Sabtu, 21 Maret 2020 resmi ditutup oleh pengelola untuk waktu yang belum ditentukan.

Terlihat di lokasi, gerbang utama menuju Pura tersebut tertutup. Sejumlah wisatawan yang sempat datang ke obyek wisata harus kecele.

Dua orang wisatawan asal Jepang sempat menanyakan akses pintu masuk ke Pura Taman Ayun. Mereka diberikan penjelasan bahwa obyek wisata tersebut untuk sementara ditutup untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

“O, saya tahu itu,” ujar wisatawan tadi setelah diberikan permakluman.

Tokoh Puri Agung Mengwi Anak Agung Gde Agung mengatakan, pihaknya merespons seruan Gubernur Bali Wayan Koster, untuk menutup kunjungan seluruh obyek wisata di Bali. Menurut senator asal Bali ini, Taman Ayun tertutup dari kunjungan wisatawan.

Namun untuk pemedek atau warga yang mau bersembahyang tetap dibolehkan mengakses Pura Taman Ayun.

“Per hari ini (Sabtu, 21/3/2020) Taman Ayun sudah kita tutup untuk wisatawan, mutlak itu, walaupun ini sebagai hal yang berat, tapi untuk pemedek tetap diijinkan melakukan sembahyang,” jelas Gde Agung, Sabtu, 21 Maret 2020.

Menurutnya, di tengah situasi wabah covid-19, selama dua hari sebelum resmi ditutup, tingkat kunjungan ke obyek wisata Taman Ayun rata-rata 200 hingga 300 orang per hari.

Jumlah itu, menurut Gde Agung, jauh berkurang dibandingkan dalam kondisi normal yang jumlah kunjungannya mencapai 1.000 orang per hari.

“Tapi sudahlah, sekarang kita tutup, jangan sampai terjadi hal yang tidak kita kehendaki, disamping juga kita disitu kita siapkan hand sanitizer dan sebagainya,” jelasnya.

Selama penutupan, Gde Agung mengatakan, pihaknya menjalankan protokol kesehatan dengan melakukan disinfeksi di seluruh areal obyek wisata. (Way)