Obyek Wisata di Purworejo Kebanjiran Pengunjung Selama Libur Lebaran

    


Agung Wibowo, AP, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, dalam jumpa persnya, Kamis (13/6), didampingi Kabag Humas, Bambang Gatot Seno Aji - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Tingkat kunjungan wisatawan ke Purworejo selama libur lebaran, dari Senin (3/6) hingga Selasa (11/6), ada peningkatan sekitar 20.375 orang, atau meningkat sekitar 4,7% dibanding tahun lalu.

Pada tahun lalu, tingkat kunjungan wisatawan ke berbagai obyek wisata di Purworejo mencapai 435.656 orang. Dan tahun ini meningkat menjadi 456.031 orang.

“Data kami dapat dari 30 obyek wisata yang ada di Kabupaten Purworejo, baik yang dikelola Pemkab, maupun Pokdarwis,” jelas Agung Wibowo, AP, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, dalam jumpa persnya, Kamis (13/6).

Dari jumlah tersebut, posisi teratas diduduki Alun-alun Purworejo, dengan tingkat kunjungan mencapai 270.000 orang, disusul Pantai Jetis, 70.463 orang, dan Pantai Jatimalang, 38.200 orang.

Meski secara umum ada peningkatan, namun ada beberapa obyek wisata yang mengalami penurunan drastis, salah satunya, Pantai Ketawang. Tahun lalu, kunjungan wisatawan ke Pantai Ketawang mencapai 87 ribu orang. Tahun ini, hanya sekitar 6 ribu orang.

“Tahun lalu, kebetulan ada event lomba layang-layang yang digelar di Pantai Ketawang dan Festival Adiloka, yang pelaksanaannya berdekatan dengan hari raya,” terang Agung, yang didampingi Kabag Humas, Bambang Gatot Seno Aji.

Lebih jauh Agung Wibowo menjelaskan, bahwa berbagai event telah diagendakan Dinparbud, untuk meningkatkan dunia pariwisata di Purworejo. Salah satunya, Lomba Layang-layang tingkat Nasional, yang akan dilaksanakan di Pantai Ketawang pada 29 dan 30 Juni 2019 mendatang.

“Lomba layang-layang ini diikuti 69 club. Dari Lokal DIY (16 club), luar negeri (6 club), nasional (45 club), lokal Purworejo (1 club), dan 1 peserta dari Bali,” pungkas Agung Wibowo. (Jon)