Ngurah Ambara Putra Ikuti Karya Ngenteg Linggih

    


Ngurah Ambara ngayah Mendem Pedagingan di Pelinggih Dalem Ped, Kamis (29/10/2020) - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Bertepatan dengan Waraspati Pon Klurut, Kamis (29/10/2020), digelar upacara Pecaruan Rsi Gana, Melaspas lan Mupuk Pedagingan yang merupakan rangkaian Karya Ngenteg Linggih Pura Dang Kahyangan Taman Mumbul Sunia Loka di Banjar Belong Menak, Denpasar Utara.

Dalam upacara yang dipuput Ida Pedanda Tenten Sukawati, Gianyar ini, tampak seorang tokoh masyarakat Gede Ngurah Ambara Putra tangkil ngaturangayah dan ngaturang bhakti di pura ini.

Tokoh masyarakat asal Kenyeri, Denpasar ini ikut melakukan prosesi mendem pedagingan di pelinggih Dalem Peed ring Jaba Pura. Seusai ngaturang bhakti, Ngurah Ambara juga menghaturkan punia. “Kebetulan disini banyak teman tiang yang ikut pesantian,” ujar Ngurah Ambara.

Ngurah Ambara, Bali sebagai desitnasi wisata dunia yang mengusung pariwisata budaya, tradisi masyarakat harus dipertahankan. “Budaya itu indentitas diri. Untuk itu, perlu komitmen kita semua dalam melestarikan kearifan lokal kita di Bali,” tandasnya.

Manggala Karya, Anak Agung Kartika mengungkapkan, hari ini adalah rangkaian dari Ngenteg Linggih. Yakni pemelaspasan, pecaruan lan mendem pedagingan. “Piodalan jatuh pada purnama kelima, Sabtu, tanggal 31 Oktober 2020,” jelasnya. (Way)