‘Multi Color in Harmony’ Ramaikan Akhir Tahun di Purworejo

    


Foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Menyambut malam pergantian tahun, Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo menyelenggarakan acara perayaan malam tahun baru 2019. Kegiatan yang bertempat di alun-Alun Purworejo ini, mengangkat tema Multi Color in Harmony.

Beragam acara hiburan, baik kesenian tradisional maupun modern, akan memeriahkan malam pergantian tahun. Secara khusus Dinparbud Kabupaten Purworejo akan mensetting empat sisi alun-alun Purworejo dengan panggung acara yang menarik.

“Sisi timur alun alun akan ada panggung tradisi yang menampilkan kesenian tradisional Kuda Lumping Turonggo Tresno Budhoyo dari Desa Popongan, Kecamatan Banyuurip. Sisi barat ada panggung Religi menampilkan kesenian Hadroh Nurul Iman dari Desa Bulus, Kecamatan Gebang,” jelas Agung Wibowo, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Senin (31/12).

Pada sisi utara, terang Agung, adalah panggung Dangdut, dengan menampilkan OM New Mahesa dari Desa Gesing, Kecamatan Purwodadi. Bagi penggemar musik pop, rock, reaggea dan blues akan diberikan suguhan band-band dari komunitas musik Purworejo dan Kutoarjo yang akan tampil di Amphitheater alun-alun Purworejo.

Amphitheater yang terletak diantara sisi selatan dan barat alun-alun ini, akan menjadi panggung utama sekaligus tempat puncak acara perayaan malam tahun baru di Kabupaten Purworejo. Di panggung utama mulai dari sore hari akan tampil band pelajar SD, SMP, SMA, dari Kabupaten Purworejo.

Setelah jeda Maghrib dan Isya, lanjut Agung, panggung utama akan mulai lagi dengan menampilkan B-Da band, Tosca band, Fluss band, People Java Rasta (PJR) band, Purworejo Blues Squad.

“Sebagai bintang tamu, akan tampil juga dua band bintang tamu, yaitu JB Blues dari Jogjakarta dan Gugun Blues Shelter (GBS) dari Jakarta,” ungkap Agung. Sebagai puncak acara, akan dimeriahkan dengan pesta Kembang Api yang akan dinyalakan tepat tanggal 1 Januari 2019, jam 00.00 WIB,” jelas Agung.

Untuk mengantisipasi kepadatan arus lalulintas menjelang perayaan malam pergantian tahun baru yang terpusat di alun-alun Purworejo, Satlantas Polres Purworejo memberlakukan Car Free Night, dengan melakukan rekayasa lalulintas.

“Akses menuju ke alun-alun kita tutup, mulai pukul 17.00 WIB. Ada pengalihan jalur yang menuju alun-alun, baik dari arah utara, timur, selatan, maupun barat,” jelas Kasatlantas Polres Purworejo, AKP Nyi Ayu Fitria Facha.

Untuk para pengunjung, kata Nyi Ayu, sudah disediakan kantong-kantong parkir, di perempatan BRI ke arah utara dan timur, perempatan tugu gunungan wayang arah utara dan barat, perempatan satlantas ke selatan dan barat, serta pertigaan Kodim arah selatan.

“Meski ini malam pergantian tahun baru, masyarakat harus tetap tertib berlalulintas di jalan,” pesan Nyi Ayu. (Jon)