Mulai 16-29 November, Operasi Zebra Serentak Digelar

    


AKP Aditia Mulya R, SIK, Kasatlantas Polres Kebumen – foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Kepolisian Negara Republik Indonesia, akan kembali menggelar Operasi Zebra Candi 2016. Operasi akan dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, dari tanggal 16-29 Nopember 2016.

Dalam hal ini, jajaran Satlantas Polres Kebumen siap melaksanakan Operasi Zebra Candi 2016. Demikian ditegaskan Kasatlantas Polres Kebumen, AKP Aditia Mulya R, SIK.

“Ada 5 sasaran utama dari pelaksanaan Operasi Zebra kali ini,” jelas Aditia, Kamis (10/11).

Sasaran operasi, kata Aditia, pengendara tidak mengenakan helm SNI, melawan arus, melanggar rambu-rambu, melanggar marka jalan, dan melanggar APILL (alat pengatur isyarat lalu lintas). Selain itu, juga pelanggaran yang kasat mata.

Tujuan dari pelaksanaan Operasi Zebra, jelas Aditia, mengurangi jumlah kecelakaan dan resiko fatalitas korban kecelakaan. Dan pelaksanaan Operasi Zebra kali ini, mengenakan metode Hunting System.

“Tidak semua pengendara dihentikan. Petugas mencari pengendara yang melakukan pelanggaran. Lokasi sasaran, tempat dimana biasa terjadi pelanggaran,” terang Aditia.

Waktu dan tempat operasi, lanjut Aditia, tidak bisa ditentukan. Tapi dilaksanakan secara acak. Dan bagi pelanggar, akan dikenai tindakan tilang.

Aditia menghimbau, agar masyarakat meningkatkan kesadaran berlalulintas, dan melengkapi diri dengan surat-surat kendaraan dan kelengkapannya.

“Tujuannya, untuk menciptakan kamseltibcarlantas,” pungkas Aditia.
 
 
Jon