Mudik Lewat Tol Akan Ada Diskon 10 Persen

    


Ruas jalan tol - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) akan memberikan diskon sebesar 10 persen di seluruh ruas tol.

“Dari hasil rapat, BUJT secara sukarela memberikan diskon tol. Besaran setiap ruasnya berbeda dengan rata-rata 10 persen,” jelas Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Menurut Basuki, pemberlakuan diskon masih dalam taraf pembahasan. Dikatakan Basuki, sebagian ingin bersamaan dengan libur Lebaran tanggal 11 Juni 2018 sampai 19 Juni 2018. Namun ada yang mengusulkan diskon tol diberikan pada puncak mudik H-2 dan H+2 Lebaran.

“Apabila BUJT sudah sepakat, maka saya akan buatkan surat keputusannya,” kata Basuki.

Panjang tol Merak hingga Pasuruan sepanjang 995 km. Dari panjang tersebut, 237 km masih berstatus fungsional.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto menambahkan, tol fungsional dapat dilewati siang dan malam.

“Dengan panjangnya tol yang bisa digunakan, pemudik diminta tidak euforia melaju dengan kecepatan tinggi di jalan yang lurus. Pemudik diminta tetap berhati-hati,” ujar Arie.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna mengatakan, kesiapan pemerintah tahun ini didasarkan atas refleksi mudik tahun 2017.

Transaksi tol saat ini sudah 100 persen non tunai. Sehingga upaya mengurangi antrian di gerbang tol, pihak BUJT akan memaksimalkan seluruh gardu transaksi untuk beroperasi.

“Petugas akan menyiapkan lebih banyak fasilitas top up dan kartu baru yang tersebar di rest area dan gardu transaksi tol,” jelas Herry. (*)