mPLS di SMP Negeri 1 Mengwi

    

Wawasan Wiyata Mandala jadi Tema Sentral

I Ketut Paramartha - foto: Koranjuri.com

I Ketut Paramartha – foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Bertepatan dengan masa Pengenalan Lingkungan Siswa (mPLS), SMP Negeri 1 Mengwi, Badung, Bali menggunakan kegiatan itu untuk melakukan sosialisasi terkait komponen yang ada di sekolah. Termasuk, pola pengajaran yang sekarang menggunakan Kurikulum 2013 dan kegiatan lain seperti konsep Adiwiyata yang dikembangkan di sekolah itu.

Kepala sekolah setempat, I Ketut Paramartha menyebutkan, usai pelaksaan mPLS sekolah akan bertanding di tingkat provinsi Bali dalam lomba sekolah berwawasan lingkungan atau Adiwiyata.

“Kita mengenalkan lingkungan sebagai tempat belajar. Apa yang ada di sekolah semua bisa digunakan untuk kegiatan belajar,” jelas Ketut Paramartha.

Dengan demikian, siswa baru lebih memahami dan peduli dengan lingkungan sekitarnya. Dalam kaitannya dengan mPLS, guru pembimbing akan memberikan materi secara praktek maupun penelitian di lapangan atau lingkungan sekolah.

Diluar itu, materi akademis, pendidikan moral maupun entertain atau permainan yang mendidik juga dilakukan dalam masa pengenalan lingkungan sekolah. Disebutkan Paramartha, Permen No. 18 tahun 2016 telah mengatur kegiatan mPLS itu sebagai masa pengenalan lingkungan sekolah tanpa ada kekerasan fisik maupun verbal atau bullying.

Pihaknya menegaskan, siswa baru tidak diberikan beban membawa sesuatu atau mengenakan kostum yang sama sekali tidak berkaitan dengan pelaksanaan mPLS.

“Kami tidak boleh melakukan itu. Yang kami berikan adalah pemahaman bagaimana siswa bisa disiplin, beretika dalam suasana gembira dan menyenangkan,” terang Paramartha.
Tahun pelajaran 2016/2017 ini SMP Negeri 1 Mengwi membuka 12 rombongan belajar atau ada kenaikan 2 rombel dibandingkan tahun sebelumnya.

“Karena ada desakan dan kebutuhan dari masyarakat, kami tambah lagi dua rombongan belajar. Ini sepengetahuan kepala Dinas dan kami mendapatkan surat resmi dari Pemerintah Kabupaten Badung,” terangnya.
 
 
Way