MPLS di SMK YPT Purworejo, Tekankan Pendidikan Karakter

    


Para siswa baru SMK YPT Purworejo, saat mengikuti kegiatan MPLSPDB, yang diselenggarakan selama tiga hari, dari Senin (15/7) hingga Rabu (17/7) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Kegiatan MPLSPDB (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Baru) di SMK YPT Purworejo, diikuti oleh 172 siswa baru kelas X. Mereka ini, dari lima kejuruan, TITL (Teknik Instalasi Tenaga Listrik), Teknik Pemesinan, Teknik Mekanik Industri, TKRO (Teknik Kendaraan Ringan Otomotif), serta TBSM (Teknik Bisnis Sepeda Motor), dengan jumlah keseluruhan 7 kelas.

MPLSPDB ini berlangsung selama tiga hari, dari Senin (15/7) hingga Rabu (17/7), dan dibuka secara resmi oleh Kepala SMK YPT Purworejo, Toto Wibawa, S.Pd. Tujuan dari kegiatan ini, agar siswa mengenal lingkungan baru (sekolah) mereka, sehingga nantinya bisa lebih siap dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

“Dalam kegiatan ini, kita lebih menekankan pada pendidikan karakter siswa, dengan kedisiplinan, spiritual, serta kepedulian sosial,” jelas Toto Wibawa, Senin (15/7).

Kegiatan MPLSPDB pada hari pertama, kata Toto Wibawa, yang didampingi Eri Ponco, S.Pd.T, selaku Waka Kesiswaan, setelah pembukaan, dilanjutkan dengan pemberian materi PBB serta dasar kepemimpinan dan bela negara dari Kodim 0708 Purworejo, dan pengenalan lingkungan sekolah, meliputi tata tertib sekolah, pengenalan guru, dan kurikulum.

Pada hari kedua, kegiatan diawali dengan pemberian materi dari Kodim Purworejo, dilanjutkan dengan pemateri dari kepolisian, yang isinya meliputi kenakalan remaja, lalu lintas, serta bahaya narkoba. Hari terakhir, selain dari Kodim Purworejo, juga ada penyampaian materi sosial. Dalam hal ini, SMK YPT Purworejo melibatkan Ikatan Disabilitas Purworejo.

“Ada kegiatan bakti sosial di kegiatan ini, dengan pemberian bantuan ke sejumlah panti sosial. Ini untuk melatih siswa supaya memiliki kepedulian sosial terhadap sesama,” kata Toto Wibawa.

Setelah kegiatan MPLSPDB berakhir, terang Toto Wibawa, dilanjutkan dengan kegiatan kepramukaan alih golongan melalui perkemahan, dari penggalang ke penegak. Dalam hal ini, pihak sekolah melibatkan personil dari Kodim 0708 Purworejo, karena kepramukaan sekolah ini, Saka Wira Kartika, dalam binaan Kodim.

Pihak sekolah juga melibatkan tokoh agama dalam pembinaan spiritual bagi para siswa baru ini. Selama kegiatan, juga ada jalan sehat massal, yang diikuti seluruh siswa, dari kelas X, XI dan XII.

“Untuk SMK, memang sudah mengarah ke ketarunaan. Itulah kenapa, untuk melatih kedisiplinan, setiap pagi dari Kodim selalu memberikan materi tentang ini selama MPLSPDB,” pungkas Toto Wibawa. (Jon)