Minggu Militer Asah Kemampuan Prajurit Kodam IX/Udayana

    


Minggu Militer anggota TNI Kodam IX/Udayana di Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Ribuan prajurit Kodam IX/Udayana kembali ke dasar keprajuritan dengan menggelar Minggu militer. Program tersebut untuk memelihara dan memantapkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dasar-dasar kemiliteran bagi setiap prajurit TNI Angkatan Darat.

Minggu militer jatuh setiap Minggu keempat setiap bulannya. Di bulan November ini dilakukan selama 2 hari, 23-24 November 2017, di Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar yang diikuti 1.076 anggota TNI Kodam IX/Udayana dari wilayah Korem 163/Wira Satya.

“Kegiatan Minggu Militer kali ini memang berbeda dari kegiatan Minggu Militer pada bulan-bulan sebelumnya. Kegiatan yang dilaksanakan, hampir sama dengan kegiatan ketika pendidikan pembentukan pertama, yakni kombinasi kegiatan di siang hari dengan kegiatan di malam hari,” jelas Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak.

Materi kegiatan di siang hari berupa jalan taktis dengan berbagai gangguan yang diibaratkan serangan musuh. Seluruh peserta menyamar dengan perlengkapan persenjataan dan ransel siap tempur, dengan rute menyusuri jurang dan lembah di daerah perkebunan di Desa Kerta.

Pada pukul 17.00 wita, semua peserta sudah memasuki Basis Operasi Depan (BOD). Kemudian, dilanjutkan melaksanakan delapan langkah BOD dengan berbivak sesuai kelompok. Semuanya membuat bivak untuk persiapan bermalam.

Bivak selesai dilanjutkan dengan kegiatan masak memasak sesuai dengan bekal ransum yang dibawa dipunggung masing-masing.

Kegiatan itu juga diwarnai dengan ledakan TNT dan rentetan tembakan. Seluruh peserta melaksanakan pertahanan perkuatan Basis Operasi Depan.

Para prajurit tersebut juga melakukan penghijauan dengan menanam 13 jenis bibit pohon. Jumlah total yang ditanam sebanyak 4.250 pohon. (Way)