Meriahkan HUT RI ke 77, SMPN 23 Purworejo Gelar Berbagai Jenis Lomba

    


Berbagai jenis perlombaan antar kelas diadakan di SMPN 23 Purworejo dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI ke 77, Selasa (16/08/2022) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Memeriahkan peringatan HUT RI ke 77, SMPN 23 Purworejo menggelar berbagai jenis perlombaan antar kelas, Selasa (16/08/2022), di sekolah setempat.

Aneka perlombaaan yang digelar ini, meliputi lomba tumpeng, sepak bola memakai sarung, lomba bola voli dengan net ditutup dan lomba tarik tambang.

Dijelaskan oleh Kepala SMPN 23 Purworejo, Budi Hartono, S.Pd., M.M., bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk refreshing anak dan juga sekaligus memeriahkan peringatan HUT RI yang ke-77.

“Disamping itu kami juga dalam rangka mencari bakat siswa, khususnya mereka yang punya bakat sepak bola dan voli. Dengan kegiatan ini kami dari sekolah bisa mendapatkan bibit-bibit atlet yang berbakat di kedua cabang olahraga tersebut,” kata Budi Hartono.

Pelaksanaannya, jelas Budi, semua kelas ikut lomba yang mana masing-masing kelas itu dibagi. Untuk siswa perempuan, 10 anak ikut melaksanakan lomba tumpeng, dan 7 anak ikut lomba tarik tambang. Untuk laki-laki dibagi menjadi dua, yaitu satu tim bola voli satu tim sepak bola memakai sarung.

Untuk kejuaraannya ini, menurut Budi, diambil juara 1 dan juara 2 per tingkat kelas dari berbagai jenis perlombaaan. Untuk jumlah kelas /rombelnya ada 18, dan masing-masing tingkat kelas ada 6 rombel.

“Tak hanya memeriahkan saja. Kita juga menanamkan karakter-karakter pada anak, yaitu kerja keras, gotong royong, kerjasama, disiplin dan bertanggung jawab sesuai dengan yang diharapkan oleh profil pelajar Pancasila,” ungkap Budi.

Dengan menanamkan nilai-nilai profil belajar Pancasila kepada anak, nantinya mungkin bisa mengarah ke proyek yang berada di Kurikulum Merdeka kelas 7.

“Harapannya dengan kegiatan ini anak akan bisa mengembangkan bakat yang dia miliki. Apa yang dilaksanakan di sekolah bisa diterapkan di kehidupan masyarakat manakala nanti anak itu sudah selesai menyelesaikan sekolahnya,” pungkas Budi. (Jon)