Meriahkan HUT Bhayangkara, Polres Kebumen Gelar Lomba Polisi Cilik

    


Salah satu peserta lomba Pocil, tengah beraksi - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Untuk memeriahkan HUT Bhayangkara ke-72, Polres Kebumen menggelar lomba Pocil (Polisi Cilik). Lomba ini diprakarsai oleh Satlantas Polres Kebumen.

Peserta dalam perlombaan yang digelar di Mapolres Kebumen pada hari Rabu (09/05), adalah Polcil perwakilan seluruh polsek jajaran Polres Kebumen.

Kapolres Kebumen, AKBP Arief Bahtiar, yang secara simbolis membuka lomba, menjelaskan, bahwa kegiatan itu untuk memberikan pengertian, pemahaman dan menanamkan kedisiplinan sejak dini kepada para generasi penerus.

“Sehingga para pelajar memiliki kepedulian terhadap arti pentingnya keselamatan lalu lintas.Peserta lomba adalah para pelajar tingkat SD hingga SMA. Mereka akan memperagakan kebolehannya di depan para juri,” kata kapolres.

Menurut Kasat Lantas Polres Kebumen, AKP Suryo Wibowo mengatakan, kriteria penilaian lomba meliputi peraturan baris berbaris dasar, 12 isyarat pengaturan lalu lintas, variasi peraturan baris berbaris dan kekompakan seragam.

“Dengan lomba ini, diharapkan dapat menjadi media membangun karakter anak-anak usia dini terhadap disiplin dan taat akan peraturan. Sehingga kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi generasi penerus,” kata Suryo Wibowo.

Kata Suryo Wibowo, pemenang lomba akan diumumkan pada puncak HUT Bhayangkara pada bulan Juli mendatang.

Pada masing-masing lomba akan diambil juara I, II, dan III dengan hadiah trophy dan uang pembinaan yakni Rp 3 juta, Rp 2,5 juta dan Rp 2 juta.

“Ada tambahan hadiah bagi The Best Danton dan seragam, dan akan mendapatkan hadiah piala dan uang Rp 500 ribu,” terang Suryo Wibowo. (Jon)