Merah Putih Raksasa Berkibar di Tebing Uluwatu

    


Bendera merah putih sepanjang 71 meter terbentang di tebing karang Pura Uluwatu - foto: Suyanto/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Menyambut HUT ke-71 Republik Indonesia, bendera merah putih sepanjang 71 meter dikibarkan di tebing Uluwatu, Bali. Merah putih dikibarkan di antara kokohnya tebing karang setinggi 150 meter yang tepat menghadap Samudera Hindia.

Pengibaran bendera raksasa itu dilakukan oleh prajurit TNI Korem 163/Wira Satya dalam rangkaian acara Bali Nusra Merah Putih.

“Kenapa di tebing Uluwatu? Karena disini menjadi salah satu ikon Bali,” kata Komandan Korem163/Wira Satya, Kolonel Inf. I Nyoman Cantiasa yang menjadi inspektur upacara pengibaran bendera di Tebing Uluatu, Selasa, 16 Agustus 2016.

Sambutan Pangdam IX/Udayana, Mayjend TNI Kustanto Widiatmoko M.DA yang dibacakan Kepala Staf Kodam IX/Udayana, Brigjend TNI Stefanus Tri Mulyono menyatakan, Indonesia adalah negara luas dengan bangsa yang besar. Kemerdekaan Indonesia bukan didapat karena perjuangan.

“Disadari atau tidak disadari Indonesia adalah bangsa besar yang mendapat kemerdekaan bukan karena hadiah. Sebagai generasi penerus bangsa kita harus mengisi kemerdekaan ini,” jelas Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko M.D.A.

Sementara, Bupati Kabupaten Badung, I Nyoman Giri Prasta memberikan apresiasi tinggi terhadap kegiatan bernuansa kebangsaan tersebut. Menurut Giri Prasta, pendidikan karakter dan wawasan kebangsaan harus dibangkitkan kembali.

“Bisa dikatakan ini bendera raksasa yang berkibar di Bali dan ini menjadi konsep pendidikan karakter,” jelas Giri Prasta.

Kegiatan itu dilanjutkan dengan pelepasan 71 layang-layang merah putih di pantai Kuta yang merupakan rangkaian acara Bali Nusra Merah Putih.
 
 
Way