Menristekdikti Launching Hakteknas Ke-24 di Denpasar

    


KORANJURI.COM – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Muhammad Nasir membuka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Ke-24 di Lapangan Puputan, Renon, Kamis, 21 Februari 2019. Hakteknas tahun ini akan dipusatkan di Bali pada 8 Agustus 2019 mendatang.

Sejumlah kegiatan teknologi akan diadakan dalam menyambut Hakteknas ke-24. Muhammad Nasir mengungkapkan, rangkaian kegiatan akan dihadiri oleh sejumlah steakholder dari dalam dan luar negeri.

“Untuk mengapresiasi para pemangku kepentingan, nantinya kita akan memberikan penghargaan,” jelas M. Nasir di Denpasar, Kamis, 21 Februari 2019.

Launching Hakteknas di Denpasar dimeriahkan oleh stan teknologi dari berbagai kampus di Indonesia dan dari Bali diwakili oleh kampus STIKOM Bali.

Dalam menghadapi perubahan teknologi industri 4.0, Nasir menjelaskan, pemerintah telah menyiapkan sumber daya manusia di bidang penelitian yang langsung menyentuh masyarakat.

Anggaran riset pun, menurut Menristekdikti, akan dinaikkan dari sebelumnya Rp 1,75 trilyun menjadi Rp 2,5 trilyun. Anggaran Kemenristekdikti tahun ini mencapai Rp 41 trilyun.

“Selama ini riset hanya dibiarkan begitu saja tanpa diarahkan lebih baik, maka kedepan riset harus menjadi inovatif,” jelas M. Nasir.

Dengan kenaikan anggaran riset, Nasir berharap karya ilmiah yang dipublikasi di seluruh perguruan tinggi di Indonesia juga akan meningkat. Kemenristekdikti mentargetkan 35 ribu hingga 40 ribu karya ilmiah yang dipublikasi.

“Tahun ini kan sudah 31 ribu, tahun depan kami target bisa 35 ribu sampai 40 ribu (karya ilmiah),” jelas M. Nasir.

Launching Hakteknas ke-24 di Denpasar dihadiri oleh Gubernur Bali I Wayan Koster bersama ribuan mahasiswa dari PTN dan PTS di Bali. (Way)