Menjelajah Surga Bawah Laut di Perairan Putri Menjangan

    


Foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Pesisir Barat pulau Bali, menjadi satu ‘surga tersembunyi’ bagi para penggemar sport tourism. Bagi para penghobi snorkling dan diving, sudah sepantasnya mengeksplorasi keindahan terumbu karang dan berbagai jenis ikan di perairan dangkal kawasan Pulau Menjangan.

Berikut yang terlihat oleh para peserta Edutrips ‘We Love Bali’ setelah melakukan safari wisata menjelajah wilayah Bali Barat.

Pulau Putri Menjangan, sesuai garis pantai, masuk ke wilayah administrasi Pemerintah Kabupaten Buleleng. Kawasan di Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng ini, perairan dangkalnya sedalam 6-20 meter.

Peserta Edutrips 'We Love Bali' di Mimpi Resort Menjangan - foto: Koranjuri.com

Peserta Edutrips ‘We Love Bali’ di Mimpi Resort Menjangan – foto: Koranjuri.com

Putu Kertiyasa, seorang dive master yang memandu para peserta edutrips mengatakan, Putri Menjangan menjadi salah satu kawasan konservasi.

“Dibawah ini ada 9 patung yang kini jadi habitat ikan-ikan. Jenis ikannya pun cukup banyak, ada butterfly, kakatua dan terkadang penyelam bisa menemui penyu disini,” kata Kertiasa, Selasa (13/10/2020).

Untuk mencapai lokasi snorkling, peserta Edutrips berangkat dari dermaga yang ada di Mimpi Resort. Perjalanan ditempuh selama sekitar 25 menit menggunakan boat.

Sejumlah boat berjajar menunggu wisatawan yang akan melakukan perjalanan ke lokasi snorkling dan diving di Perairan Menjangan Putri - foto: Koranjuri.com

Sejumlah boat berjajar menunggu wisatawan yang akan melakukan perjalanan ke lokasi snorkling dan diving di Perairan Menjangan Putri – foto: Koranjuri.com

Tiba di lokasi, peserta diberikan panduan singkat sebelum turun ke laut dangkal. Terutama bagi para pemula, kata Kertiyasa, ada pendampingan oleh dive master. Sementara, boat tetap berada di lokasi.

“Kita berikan panduan singkat, yang penting ikuti instruksi bagi pemula. Asal sudah pakai pelampung, posisi kita sudah aman,” kata Kertiyasa.

Irawati Dewi dari Bali Cemerlang Tours menambahkan, Kawasan Pulau Menjangan menjadi rute terakhir para peserta Edutrips yang diadakan oleh Kemenparekraf. Di setiap destinasi wisata, peserta dan pelaku wisata melakukan edukasi penerapan protokol kesehatan dalam tatanan pariwisata Era Baru.

“Ini jadi bagian dari kampanye gerakan disiplin menjalankan protokol kesehatan. Pariwisata Bali diharapkan segera pulih kembali, dan wisatawan merasa nyaman dan aman dengan kesiapan protokol kesehatan di destinasi wisata,” kata Ira. (Way)