Membangun Persahabatan, Konjen India di Bali Gelar Lomba Lukis Anak

    


Ceria, peserta kontes lukis yang diadakan Konsulat Jenderal India di Bali dalam rangkaian Children's day 2015 - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sejak membuka Konsulat Jenderal India di Bali tiga tahun lalu, Konjen India berusaha memperkuat hubungan budaya dan persahabatan dengan Indonesia. Memanfaatkan momentum children’s day pada 20 November 2015 lalu, Konjen India melibatkan ratusan anak untuk terlibat dalam membangun potensi melalui karya lukisan.

Berbagai ide tertuang dalam selembar kertas yang dilukis dengan media crayon bertemakan ‘Indonesia sahabat India’. Sekitar 180 anak dari SD Santo Yoseph 2 Denpasar mengikuti kontes colouring and painting yang diadakan Konsulat Jenderal India di aula SD Santo Yoseph 2.

“Ini event perdana yang kita lakukan. Rencananya, kami akan mengadakan event yang sama di sekolah pada tahun berikutnya,” kata staf Konsulat Jenderal India di Bali, Ida Ayu Septy Diantari, 5 November 2015.

Kepada anak-anak Indonesia, Septy berharap, kegiatan sederhana tersebut bisa dijadikan jembatan membangun persahabatan dan pengenalan budaya india. Selain, membangun potensi siswa di bidang seni melukis.

Untuk pemenang tiga besar, mendapatkan hadiah uang dalam bentuk tabungan dari Bank Tabungan Negara (BTN) senilai Rp 250 ribu – Rp 1 juta. Kepala Cabang BTN Denpasar, Andika Simanjuntak mengatakan, setiap peserta juga diberikan buku tabungan dengan nilai pembukaan Rp 5 ribu.

“Kami mengenalkan tabungan simpel atau simpanan pelajar yang digagas BI dan OJK. Jadi OJK membuat produk namanya tabungan simpel yang ada di seluruh perbankan, termasuk BTN,” jelas Andika.

Misi mengenalkan simpanan pelajar, menurut Andika, agar usia anak mulai terbiasa gemar menabung. Untuk mensukseskan program tersebut, pihaknya akan menerapkan sistem jemput bola ke setiap sekolah.

“Kita tidak memaksakan nilai nominal setoran, bisa berapa saja. Cuma sebulan ada batasan dua kali penarikan saja,” kata Andika.
 
 
way