Melepas Purnawirawan Polisi Dengan Tradisi Unik Rote Ndao

    


Tradisi baru di Polres Rote Ndao dalam melepas anggota yang telah purna tugas dengan menggunakan kendaraan khas wilayah Pulau Rote Ndao yang disebut Mol Padi - foto: Isak Doris Faot/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Kepolisian Resor (Polres) Rote Ndao memiliki cara unik melepastugaskan polisi yang telah pensiun. Anggota yang sudah purna tugas ini diantar pulang dengan kendaraan Mol Padi yang dihias sedemikian rupa.

Tak hanya itu, untuk kali pertama dalam prosesi pelepasan anggota polisi yang pensiun di Polres Rote Ndao dilakukan dengan tradisi Pedang Pora. Upacara itu untuk melepas Purnawirawan Aiptu Zacharias Ronald Killa.

Kegiatan unik ini dilakukan jajaran Polres Rote Ndao dalam upacara pelepasan atau yang dikenal dengan Upacara Wisuda Purnawirawan/Purnabakti pada Senin (17/7/2017).

Kapolres Rote Ndao, AKBP Murry Mirranda, S.IK dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada anggota yang pengabdiannya di kepolisian sudah berakhir.

“Sekalipun sudah tidak di dalam organisasi Polri, kami harap tetap memberikan sumbangsih pemikirannya terhadap pelaksanaan tugas-tugas kepolisian,” kata Murry Mirranda.

Kapolres juga menyampaikan kepada seluruh anggota Polres Rote Ndao yang masih aktif, agar dapat meneladani apa yang telah dilakukan Purnawirawan Zacharias Ronald Killa selama bertugas sebagai anggota Polres Rote Ndao.

Terlihat, seluruh personel polisi diminta berjajar di tepi halaman Mapolres hingga mengular keluar jalan raya. Selanjutnya polisi yang pensiun diarak melewati Upacara Pedang Pora dan bersalaman perpisahan kepada seluruh polisi yang berbaris hingga ke tepi jalan raya.
 
 
Zak