Melatih Jiwa Kepemimpinan pada Siswa, SMPN 9 Purworejo Adakan LDK

    


Kegiatan outbound LDK SMPN 9 Purworejo di lokasi Outbound Kalimasada, Semawung Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Untuk melatih dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan pada siswa, SMPN 9 Purworejo mengadakan kegiatan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan).

Kegiatan LDK yang dilaksanakan selama dua hari, Kamis (23/12/2021) dan Jum’at (24/12/2021) ini, diikuti oleh pengurus OSIS, CDP (Calon Dewan Penggalang) kelas VII dan VIII, serta DP (Dewan Penggalang) kelas IX.

Dijelaskan oleh Sri Hastini, S.Pd, selaku Waka Kesiswaan SMPN 9 Purworejo, pada hari pertama LDK, Kamis (23/12/2021), diisi dengan kegiatan outbound di lokasi Outbound Kalimasada, Semawung, Purworejo, yang diikuti oleh 66 peserta. DP kelas IX, ikut dalam kegiatan outbound ini.

“Materi outbound, fokus dan konsentrasi, permainan kompetisi, permainan problem solving, kerja sama tim/kelompok, kepemimpinan dan kebersamaan,” jelas Sri Hastini, Jum’at (24/12/2021).

Para siswa SMPN 9 Purworejo dan anggota Koramil Banyuurip berfoto bersama usai mengikuti kegiatan PBB dan Wawasan Kebangsaan - foto: Sujono/Koranjuri.com

Para siswa SMPN 9 Purworejo dan anggota Koramil Banyuurip berfoto bersama usai mengikuti kegiatan PBB dan Wawasan Kebangsaan – foto: Sujono/Koranjuri.com

Dan pada hari kedua pelaksanaan LDK, kata Sri Hastini, diisi dengan PBB dan Wawasan Kebangsaan. Bekerjasama dengan Koramil Banyuurip, kegiatan ini diikuti oleh 50 siswa, terdiri dari CDP kelas VII dan VIII, serta pengurus OSIS.

Tujuan dari kegiatan LDK ini, menurut Sri Hastini, untuk melatih kedisiplinan, leadership, kekompakan, dan kerjasama antara pengurus OSIS dan CDB.

“Kegiatan ini bisa untuk melatih kerjasama dan kekompakan tim,” jelas Sri Hastini.

Dia berharap, dengan kegiatan ini siswa-siswa semakin bertanggungjawab, melatih disiplin, anak-anak juga bisa bekerjasama dengan orang lain.

“Jadi tidak ada yang namanya kesuksesan pribadi. Yang ada kesuksesan tim. Kita arahkan anak-anak itu menjadi pribadi yang lebih baik, pekerja keras, bertanggungjawab, terampil dan tangguh,” pungkas Sri Hastini. (Jon)