Masih Uji Coba Gratis, Ini Rute Bus Pariwisata Angkutan KSPN di Bali

    


Gubernur Bali Wayan Koster meluncurkan ujicoba layanan angkutan pada Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan ujicoba angkutan shuttle bus listrik, Jumat, 6 November 2020 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Untuk mengunjungi destinasi wisata di seluruh Bali jadi lebih mudah. Akses menuju seluruh destinasi Pulau Dewata nantinya bakal dijangkau oleh angkutan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Tarif dan rute bus KSPN diujicobakan mulai akhir bulan Oktober hingga 31 Desember 2020 dengan tanpa dipungut biaya (free of charge). Angkutan KSPN ini dilayani oleh 12 unit bus berukuran sedang, berkapasitas 15 orang.

“Hal ini dilakukan sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional yang saat ini sangat terdampak oleh adanya Pandemi Covid-19,” kata Gubernur Bali Wayan Koster, Minggu, 8 November 2020.

Angkutan pariwisata ini menyediakan trayek tetap dan teratur, yang hanya melayani penumpang pada titik titik tertentu antar kawasan obyek wisata dan bandara.

Peta rute uji coba bus listrik E-Inobus

Peta rute uji coba bus listrik E-Inobus

Rute yang dibuka terintegrasi antar satu wilayah dimulai dari bandara Ngurah Rai. 5 trayek itu yakni:

1. Bandara-Sanur-Klungkung-Besakih PP. Panjang rute 68,3 km, dilayani oleh 3 bus dengan frekuensi pelayanan sebanyak 4 trip (2 PP).

2. Bandara-Central Parkir Kuta-Ubung-Mengwi-Bedugul-Singaraja PP. Panjang rute 98,7 km, dilayani oleh 2 bus dengan frekuensi pelayanan sebanyak 2 trip (1 PP).

3. Bandara-Goa Lawah-Padangbai-Manggis-Candidasa-Amuk-Amed PP. Panjang rute 104 km, dilayani oleh 2 bus dengan frekuensi pelayanan sebanyak 2 trip (1 PP).

4. Bandara-Sanur-Ubud-Kintamani-Singaraja PP. Panjang rute 119 km, dilayani oleh 3 bus dengan frekuensi pelayanan sebanyak 2 trip (1 PP).

5. Singaraja-Menjangan-Taman Nasional Bali Barat PP. Panjang rute 95,3 km, dilayani oleh 2 bus dengan frekuensi pelayanan sebanyak 4 trip (2 PP). (Way)