Manusia 3 Abad Asal Sragen yang Kini Berusia 146 Tahun

    


Sodimejo yang disebut-sebut sebagai manusia tertua di dunia ini masih mampu melakukan aktifitas mencabut rumput - foto: Djoko Judiantoro/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Pria bernama Sodimejo, asal Sragen ini barangkali menjadi manusia tertua di dunia. Di KTP yang dimiliki Sodimejo tertulis tempat dan tanggal lahirnya di Sragen, 31-12-1870. KTP tersebut berlaku seumur hidup yang dikeluarkan pada 26-08-2014 oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Praktis jika dihitung hingga bulan Desember tahun 2016 usianya telah mencapai 146 tahun. Ia kini tinggal di Dusun Segeran, Desa Cemeng, kecamatan Sambungmacan, Sragen, Jawa Tengah.

Dengan usianya yang masuk 1,5 abad, Sodimejo atau yang akrab disapa Mbah Gotho ini setidaknya telah hidup di tiga abad yang berbeda yakni, abad kerajaan, kemerdekaan dan abad millennium. Meski demikian, fisik Mbak Gotho terlihat masih cukup sehat. Ia masih mampu bertutur dengan baik dan mendengar suara dengan jelas.

“Orangnya gampang, kalau sakit hanya minta jamu daun papaya dan tidak pernah diajak ke dokter,” kata salah satu cucu Mbah Gotho bernama Suryanto yang kini merawat Mbah Gotho.

Ketika Koranjuri.com bertandang di kediaman Mbah Gotho, ia masih mampu menceritakan perjalanan hidupnya semasa masih muda secara runut. Ia memiliki empat orang istri dan istri terakhirnya bernama Rayem. Dari perkawinan Mbah Gotho dengan Rayem ini dikaruniai beberapa orang anak, 17 orang cucu, 12 orang buyut dan 3 orang canggah. Suryanto adalah salah satu cucu dari perkawinan Mbah Gotho dengan Rayem.

Ingin Mati