Mahasiswa UGM Teliti Angka Relevan PAD di Pulau Jawa dengan Metode Peramalan

oleh
Ilustrasi

KORANJURI.COM – Pendapatan Asli Daerah (PAD) sangat penting untuk pembangunan daerah. Besar kecilnya PAD suatu wilayah bisa mempengaruhi tingkat otonomi pembangunan wilayah itu sendiri.

PAD menjadi tolok ukur kemampuan suatu daerah dalam mengembangkan potensi pembangunan di wilayahnya. Sumber-sumber ekonomi atau aset penerimaan untuk PAD juga bisa menjadi peta ekonomi baik secara mikro maupun makro.

Untuk itulah, penelitian tentang PAD menjadi sangat penting. Terutama berkaitan dengan prediksi PAD itu sendiri, baik mengenai sumbernya maupun besarnya di waktu-waktu berikutnya.

Berikut ini sebuah Penelitian dari Tim Mahasiswa/i UGM Yogyakarta Prodi Ilmu Aktuaria Departemen Matematika, Fakultas Matematik dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada 2023.

Meskipun sudah ada penelitian yang relevan, masih terdapat kesenjangan pengetahuan yang perlu diisi. Beberapa penelitian terbatas pada Pendapatan Asli Daerah secara Nasional.

Sementara, informasi tentang Pendapatan Asli Daerah yang terfokus pada suatu wilayah masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan pengetahuan tersebut dengan menganalisis Pendapatan Asli Daerah di Pulau Jawa.

Melalui penelitian ini, diharapkan dapat diperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Pulau Jawa. Penelitian ini memiliki relevansi penting dalam bidang kebijakan publik.

Hasil penelitian ini dapat memberikan informasi yang berharga bagi daerah sehingga dapat meningkatkan kreativitas daerah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, serta memberikan wawasan yang lebih baik tentang tingkat penerimaan Pendapatan Asli Daerah di Pulau Jawa. (*/Fayza Zahra Putri Andu)

PENERAPAN METODE PERAMALAN UNTUK PREDIKSI PENDAPATAN ASLI DAERAH PULAU JAWA

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS

KORANJURI.com di Google News