Lulusan SMKN 4 Purworejo Langsung Terserap Dunia Kerja

    


Wisuda Taruna Taruni SMK N 4 Purworejo oleh Kepala Sekolah. Wahyono, S.Pd, M.Pd, Kamis (3/5) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJUR.COM – Sebanyak 142 siswa kelas XII SMK N 4 Purworejo, menjalani wisuda, Kamis (3/5). Agenda tahunan bernama Wisuda Taruna Taruni SMK N 4 Purworejo ini, diikuti semua siswa kelas XII dari semua jurusan, Nautika Kapal Penangkap Ikan, Teknik Kapal Penangkap Ikan, Agribisnis Perikanan, dan Teknik Kendaraan Ringan.

Wisuda angkatan ke XII ini juga dihadiri orangtua/wali siswa, komite sekolah, jajaran muspika Kecamatan Ngombol, dan dipimpin oleh Kepala Sekolah SMK N 4 Purworejo, Wahyono, SPd, MPd.

Dijelaskan oleh Wahyono, dari semua peserta wisuda, nilai tertinggi di sekolah berdasarkan hasil UNBK, diraih Miya Asmiyati, jurusan Agribisnis Perikanan, dengan nilai 281,5. Peringkat 2 diraih Rina Amriyani, jurusan Agribisnis Perikanan, dengan nilai 279,5. Dan peringkat 3, dengan nilai 273,5, diraih Dika Kurniawan, jurusan Teknik Kendaraan Ringan.

“Nilai tertinggi untuk mapel Bahasa Indonesia, diraih Dede Angriawan, jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan, dan Eldiansah, jurusan Teknik Kendaraan Ringan, dengan nilai 94,” terang Wahyono, yang didampingi Edi Mardiyanto, Waka Humas, Kamis (3/5).

Yang membanggakan, ujar Wahyono,dari jumlah siswa yang mengikuti wisuda, 42 % nya, atau 61 diantaranya sudah langsung terserap di dunia kerja. Mereka ini, diterima bekerja di berbagai perusahaan, yakni, PT SAMI (3 orang), PT SEII (28 orang), LPK Yasui (14 orang), PT PAMA (6 orang), PT Indocrew dan PT Star Cruise (10 orang).

“Selain itu, ada beberapa siswa yang tengah mengikuti seleksi TNI, Polri,” jelas Wahyono.

Wahyono berpesan, setelah menjalani wisuda (lulus), para siswa bisa mandiri, dengan bermodalkan ilmu pengetahuan dan keahlian yang telah didapat di sekolah. Pihak sekolah juga sudah berusaha menyalurkan ke berbagai perusahaan, melalui kerjasama yang selama ini telah terjalin.

Acara wisuda kali ini, menurut Wahyono, terbilang unik, bertemakan daur ulang (recycle). Hal ini sesuai konsep SMK N 4, sebagai sekolah Adiwiyata, dengan memanfaatkan barang bekas. Para tamu yang datang, disambut putri berpakaian dari barang bekas.

Wahyono juga menambahkan, menjelang tahun ajaran baru, SMK N 4 Purworejo juga membuka pendaftaran untuk PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) secara online, dari tangal 1 – 6 Juli 2018. Ada 4 kejuruan di sekolah ini, yakni, APAT (Agribisnis Perikanan Air Tawar), TKPI (Teknik Kapal Penangkap Ikan), NKPI (Nautika Kapal Penangkap Ikan), dan TKR (Teknik Kendaraan Ringan).

“Target siswa baru, 288 orang, untuk 8 rombel. Masing-masing kejuruan 2 kelas,” ungkap Wahyono.

Khusus untuk jurusan APAT, kata Wahyono, siswa baru dibebaskan dari biaya SPP selama satu semester. Sementara untuk juara 1 – 3 di sekolah SMP, akan bebas SPP selama 3 bulan, jika mendaftar di SMK N 4, dan berlaku untuk semua jurusan.

“Untuk syaratnya, melampirkan SKHU (Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional), KK, akta kelahiran, surat keterangan sehat dan tidak buta warna dari dokter pemerintah. Info lengkap, bisa buka web www.jateng.siap-ppdb.com,” pungkas Wahyono. (Jon)