Lulusan Langsung Kerja SMK Batik Perbaik Purworejo Meningkat

    


Sujatmiko, S.Pd, Kepala SMK Batik Perbaik Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – SMK Batik Perbaik Purworejo, pada tahun pelajaran 2017/2018 ini, berhasil meluluskan 229 siswanya. Dari 229 peserta ujian, semuanya lulus 100%. Dari jumlah itu, 6 orang merupakan siswa laki-laki, dan sisanya siswa perempuan.

Siswa yang lulus, dari kejuruan TKJ (Teknik Komputer Jaringan), Rekayasa Perangkat Lunak, Akuntansi, Administrasi Perkantoran, dan Pemasaran. Dari jumlah siswa yang lulus, 75% nya, langsung terserap di dunia kerja.

“Mereka langsung bekerja di berbagai perusahaan, yang telah menjalin MoU dengan kami. Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu, yang mencapai 70%,” jelas Sujatmiko, S.Pd, Kepala SMK Batik Perbaik Purworejo, Jum’at, 11 Mei 2018.

Untuk nilai tertinggi UNBK, kata Sujatmiko, diraih Yuliana Soleha, dengan jumlah nilai 314,5, siswa kelas XII Administrasi Perkantoran. Untuk nilai Bahasa Indonesia UNBK, nilai tertinggi diraih Tamara Novitasari, siswa kelas XII Akuntansi, dengan nilai 98,0. Untuk nilai Matematika tertinggi, 9,25, diraih Desi Rahmawati, siswa kelas XII Akuntansi 2.

Untuk PPDB tahun pelajaran 2018/2019, SMK Batik Perbaik, menargetkan 320 siswa baru, untuk 10 rombel, dengan 5 kejuruan. Sujatmiko optimis, target tersebut akan tercapai.

“Dari 12 ribu lulusan SMP, 60% nya cewek. Itulah kenapa, kami optimis target akan tercapai,” ujar Sujatmiko yakin.

Sujatmiko menambahkan, bagi siswanya yang berprestasi, baik akademik maupun non akademik, juga ada pemberian reward, yakni, bebas uang SPP. Bagi juara 1 tingkat kabupaten, akan bebas 6 bulan uang SPP. Juara 2, bebas SPP 4 bulan, dan juara 3, bebas 2 bulan SPP.

Untuk juara 1 provinsi, bebas 12 bulan uang SPP. Juara 2, bebas 6 bulan SPP, dan juara 3 bebas 4 bulan SPP. Untuk peringkat di masing-masing program keahlian, bagi peringkat 1, 2, 3, akan bebas 6, 4, dan 2 bulan SPP.

“Setiap tahunnya, 45 siswa kami bebas SPP, sesuai peringkat masing-masing tiap program keahlian,” jelas Sujatmiko.

Lebih jauh Sujatmiko menjelaskan, bahwa untuk saat ini, salah satu siswi SMK Batik Perbaik, ikut seleksi Paskibra tingkat propinsi. Siswi bernama Putri Nasha Yulia, kelas X Akuntansi ini, maju mewakili Purworejo. Di paskibra tingkat kabupaten, Putri berhasil lolos seleksi, hingga akhirnya maju seleksi tingkat propinsi. (Jon)