Lomba LKS, Venue Automobile Technology Dilaksanakan di SMK YPT Purworejo

    


Toto Wibawa, SPd, Kepala SMK YPT Purworejo, saat meninjau pelaksanaan mata lomba Automobile Technology di halaman sekolah setempat, Selasa (3/9) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – LKS SMK tahun 2019 tingkat Kabupaten Purworejo, telah dimulai. Pelaksanaan lomba dari Senin (2/9) hingga Kamis (5/9), dengan mempertandingkan 23 mata lomba, dilaksanakan di tempat yang berbeda-beda.

Salah satunya, ada di SMK YPT Purworejo. Di sekolah ini, sebagai tempat untuk mata lomba Automobile Technology. Tentu ada alasannya, kenapa mata lomba Automobile Technology ini dilaksanakan di SMK YPT Purworejo.

“Itu dikarenakan, fasilitas praktek untuk kompetensi ini sudah lengkap, sesuai standar DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri),” jelas Toto Wibawa, SPd, Kepala SMK YPT Purworejo, Selasa (3/9).

Khusus untuk mata lomba Automobile Technology ini, ujar Toto, diikuti oleh 13 peserta. Ada empat juri yang memberikan penilaian selama lomba. Mereka ini, dari MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Teknik Kendaraan Ringan, yang berasal dari SMKN 1 Purworejo, SMK N 6 Purworejo, SMK Pancasila Purworejo, dan SMK YPT Purworejo.

Pelaksanaan lomba kompetensi Automobile Technology ini, menurut Toto, dilaksanakan selama dua hari, dari Selasa (3/9) hingga Rabu (4/9). Untuk materi lombanya, meliputi tune up EFI, rem, electrical body, dan engine mekanical. Siswa diberi kesempatan satu jam untuk mengerjakan tiap materi yang dilombakan, dan dinilai satu juri untuk satu materi lomba.

“Setelah selesai nanti, di hari kedua akan ada sidang juri untuk menentukan juara 1, 2, ,3,” ungkap Toto.

Dalam setiap kali pemberian materi lomba, antara peserta satu dengan lainnya berbeda-beda. Salah satu penilaiannya, kata Toto, apa yang dikerjakan harus sesuai SOP (Standar Operasi Prosedur), dan peserta mencatat/menuliskan apa yang dikerjakannya.

Tujuan dari diadakannya LKS, khususnya untuk mata lomba Automobile Technology ini, menurut Toto, untuk mempromosikan kualitas kejuruan dan keterampilan teknik, serta performance kerja yang dimiliki siswa Sekolah Menengah Kejuruan.

Memupuk persahabatan, kerjasama antar SMK se-Kabupaten Purworejo, khususnya yang memiliki Program Keahlian TKR, memberikan pengakuan keunggulan kerja dan mengembangkan siswa SMK Program Keahlian TKR yang memiliki ketrampilan.

“Juga, memilih dan menetapkan siswa peserta LKS tingkat Kabupaten Purworejo yang kemudian sebagai perwakilan tingkat Provinsi Jawa Tengah 2019,” terang Toto.

Lebih lanjut Toto menjelaskan, setiap kali event LKS SMK ini digelar, dari SMK YPT Purworejo sendiri tak pernah absen mengikutinya. Untuk tahun ini, ada delapan mata lomba yang diikuti, Automobile Technology, Industrial Control, Mould Making, Pattern Making (Prototype Modelling), CNC Milling, Production Machine (CNC Turning), Electrical Instalation (Commercial Wiring) serta Teknik Sepeda Motor.

“Harapannya kita bisa meraih juara satu,” pungkas Toto. (Jon)