Lolos ke Senayan, Dadang Hermawan Siapkan Program Pendidikan Politik untuk Anak Muda

oleh
Dr. Dadang Hermawan, akademisi asal Bali bertarung dalam Pemilu Legislatif untuk kursi DPR RI - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Dominasi suara generasi Z dan milineal menjadi pertimbangan tersendiri bagi para kontestan pemilu 2024 untuk merebut hati pemilih pemula. Di Bali jumlah pemilih pemula mencapai lebih dari 50 persen.

Tim pemenangan Dadang Hermawan (DH) untuk DPR RI Kusnandar mengatakan, Caleg Partai Demokrat nomer urut 4 Dapil Bali itu, membangun visi melakukan kaderisasi anak-anak muda untuk menjadi pemimpin masa depan.

“Dalam pandangan DH, anak-anak muda perlu diberikan ruang pendidikan politik untuk menjadi calon pemimpin masa depan,” kata Kusnandar, Sabtu, 27 Januari 2024.

Menurut Kusnandar, ada dua hal yang akan dilakukan dalam kaderisasi itu. Pertama, DH akan menyiapkan satu rumah aspirasi di Bali. Rumah aspirasi itu akan dijadikan tempat berkumpul masyarakat untuk menyerap aspirasi.

“Rumah yang akan digunakan sudah ada, tinggal difungsikan. Nanti akan ada pertemuan rutin setiap bulan sekaligus untuk menepis stigma wakil rakyat jika sudah jadi, akan susah ditemui,” terang Kusnandar.

Dadang Hermawan yang maju ke Senayan berlatarbelakang akademisi itu juga membuat komitmen akan mengajak beberapa aktifis mahasiswa untuk melihat langsung kerja DPR di Senayan.

“Mungkin setahun sekali atau dua kali, DH akan mengajak aktifis mahasiswa ke Senayan. Ini penawaran menarik, karena saat ini generasi muda adalah jumlah pemilih yang paling besar,” jelasnya.

Di sisi lain, dalam perjuangannya menembus kursi Senayan, Dadang Hermawan juga melibatkan langsung para generasi muda dalam tim pemenangannya.

Kusnandar mengatakan, pemilihan umum era sekarang tak lepas dari teknologi digital. Generasi Z dan milineal berada di posisi generasi yang akrab dengan digitalisasi.

“Kita libatkan ratusan anak-anak muda terutama untuk mengawal perolehan suara dengan basis teknologi informasi,” kata Kusnandar. (Way)