LKS Bidang Commercial Wiring Dilaksanakan di SMK TKM Purworejo

    


Kepala SMK TKM Purworejo Ki Gandung Ngadina, SPd, MPd, bersama para juri dan peserta mata lomba Commercial Wiring, Selasa (15/12/2020) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – LKS (Lomba Kompetensi Siswa) SMK tahun 2020 tingkat Kabupaten Purworejo, telah dimulai. Pelaksanaan lomba dari Senin (14/12/2020) hingga Kamis (17/12/2020), dengan mempertandingkan 22 mata lomba, dan dilaksanakan di delapan tempat yang berbeda.

Salah satunya, ada di SMK TKM Purworejo. Di sekolah ini, sebagai tempat untuk mata lomba Teknik Instalasi Kelistrikan/ Electrical Instalallation/Commercial Wiring, yang diikuti oleh 7 peserta. Ada tiga juri yang memberikan penilaian dalam lomba ini.

“Selama pelaksanaan lomba, kita terapkan protokol kesehatan dengan ketat,” ujar Kepala SMK TKM Purworejo, Ki Gandung Ngadina, SPd, MPd, Selasa (15/12/2020), usai membuka pelaksanaan lomba.

Ki Gandung menjelaskan, yang berada di tempat/lokasi lomba hanya peserta dengan juri. Untuk pendamping dan yang lain-lainnya, ditempatkan pada tempat yang lain.

Hal itu, menurut Ki Gandung, untuk memberikan satu suport kepada anak-anak supaya betul-betul bisa mandiri. Karena kemandirian itu, sangat penting di saat-saat seperti ini.

Disampaikan oleh Ki Gandung, LKS ini untuk memberikan motivasi, baik kepada sekolah maupun anak, sehingga hasil dari pendidikan vokasi lewat SMK dapat mengatasi semuanya untuk masa depan.

“Harapan kami secara umum, agar kegiatan LKS ini bisa berjalan dengan baik, khususnya yang di lokasi SMK TKM ini,” kata Ki Gandung.

Dipilihnya SMK TKM sebagai tempat pelaksanaan lomba Teknik Instalasi Kelistrikan/ Electrical Instalallation/Commercial Wiring, ungkap Ki Gandung, karena SMK TKM memang siap untuk itu. Peralatan dan fasilitas untuk kompetensi kelistrikan (TITL: Teknik Instalasi Tenaga Listrik) sudah lengkap dan memenuhi persyaratan sesuai standar untuk Kompetensi TITL.

Ki Gandung, yang juga Wakil Ketua MKKS SMK se Kabupaten Purworejo itu memang menginginkan, kegiatan LKS tidak hanya dilaksanakan di SMK Negeri saja. Tapi dimana yang bisa/ mampu untuk digunakan, ya digunakan.

“Seperti kita. Sehingga kita terus meningkatkan kwalitas ruangan dan peralatan. Itu kan berarti memberikan motivasi bagi SMK itu,” kata Ki Gandung.

Dalam mata lomba Commercial Wiring, terang Ki Gandung, berisi praktek penerangan listrik, dari memasang instalasi, menyalakan, kemudian memasang meteran.

“Dari yang mini itu, sudah mencakup semua komponen yang harus dilaksanakan apabila itu betul-betul dilaksanakan di luar,” pungkas Ki Gandung. (Jon)







    




News

BERITA PILIHAN

    

Kembali ke Atas