Linmas Dituntut Tingkatkan Kemampuan di Bidang Tanggap Darurat

    


Suasana pelatihan anggota Linmas di Hotel Ganesha - foto: Sujono

KORANJURI.COM – Sebanyak 40 anggota satuan Linmas dari 6 kecamatan yang ada di Kabupaten Purworejo, yakni dari kecamatan Purworejo, Gebang, Butuh, Pituruh, Kemiri, dan Bruno, menjalani pelatihan.

Pelatihan bagi anggota Linmas ini berlangsung selama dua hari, dari hari Selasa (29/12) hingga Rabu, 30 Desember 2015 di hotel Ganesha, Purworejo.

Kegiatan pelatihan para anggota Linmas ini, dibuka oleh Kepala Satpol PP Purworejo, Tri Joko Pranoto. Selama pelatihan, para peserta akan diberi materi baik secara teori maupun praktek tentang tanggap darurat.
Satpol PP menggandeng pihak kodim, polres, PMI, ORARI dan SAR dalam pelatihan itu. Banyak hal disampaikan para pemberi materi sesuai bidang masing-masing.

“Tujuan dari pelatihan Linmas ini untuk peningkatan SDM, khususnya di bidang tanggap darurat, sesuai dengan fungsi linmas sendiri sebagai perlindungan masyarakat,” jelas Tri Joko Pranoto.

Lebih jauh Tri Joko Pranoto mengatakan, kedepan, Sat Pol PP akan membentuk pasukan linmas di tiap-tiap kecamatan, dengan kekuatan 30 personil (satu pleton) perkecamatan. Dan ditargetkan, tahun 2017 pembentukan pleton linmas ini akan terpenuhi di 16 kecamatan se kabupaten Purworejo.

“Dan salah satu tujuan dari pelatihan ini, mempersiapkan SDM linmas untuk pembentukan pleton linmas itu, yang kami lakukan secara bertahap,” pungkas Tri Joko Pranoto.
 
 
Jon