LDDK SMKN 4 Purworejo, Gembleng Kedisiplinan Siswa

    


Ratusan siswa baru SMKN 4 Purworejo, saat mengikuti upacara pembukaan LDDK, Kamis (18/7), dipimpin oleh Kepala Sekolah, Wahyono, S.Pd, M.Pd. - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Selama tiga hari, dari Senin (15/7) hingga Rabu (17/7), 288 siswa baru SMK N 4 Purworejo mengikuti kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). Mereka ini, merupakan siswa kelas X, dari empat kejuruan.

Dari kejuruan NKPI (Nautika Kapal Penangkap Ikan) 72 siswa, Teknik Kapal Penangkap Ikan (TKPI) 72 siswa, Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT) 72 siswa (42 putri), dan dari kejuruan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 72 siswa (6 putri).

Menurut Kepala SMK N 4 Purworejo, Wahyono, S.Pd, M.Pd, melalui Waka Kesiswaan, Kristina, S.Pd, sesuai namanya, MPLS bertujuan untuk mengenalkan lingkungan sekolah pada siswa baru. Harapannya, setelah mengikuti kegiatan ini, siswa menjadi lebih siap dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

“Usai mengikuti MPLS, para siswa baru ini wajib mengikuti LDDK (Latihan Dasar Disiplin Korps) sebelum mereka dilantik menjadi Taruna Taruni. Di LDDK, siswa digembleng tentang kedisiplinan,” jelas Kristina, yang didampingi Waka Humas, Edi Mardiyanto, ST, Kamis (18/7).

Selama kegiatan MPLS, beragam materi disampaikan. Pada hari pertama, Senin (15/7), materinya meliputi Wawasan Wiyata Mandala, kebijakan sekolah, tata krama, kurikulum 2013, dan cara belajar efektif.

Dilanjutkan pada hari kedua, dengan materi kesadaran berbangsa dan bernegara, pengenalan perpustakaan, pendidikan karakter dan pembinaan mental agama di sekolah, pembinaan masyarakat, BKK, sekolah Adiwiyata dan lingkungan hidup, serta orientasi pola pembinaan taruna. Pada hari terakhir, Rabu (17/7), materi yang disampaikan, unit produksi dan prakerin, orientasi program pembelajaran kejuruan, baksos, pentas seni, dan diakhiri dengan penutupan.

“Untuk LDDK, instrukturnya dari Lanal Cilacap dan pos TNI AL Keburuhan,” ungkap Kristina.

Kegiatan LDDK yang akan berlangsung selama empat hari, dari Kamis (18/7) hingga Minggu (21/7) ini, menurut Kristina, bertujuan untuk melatih kedisiplinan, kerjasama, serta menciptakan jiwa kebersamaan dan cinta tanah air.

Dalam kegiatan ini, berbagai materi diberikan selama kegiatan, baik secara teori maupun praktek. Untuk teori, materi yang diberikan tentang cinta tanah air. Untuk materi fisiknya, latihan PBB, tata upacara bendera, yel-yel, dan diselingi dengan permainan.

“Ada kegiatan lapangan tentang kedisiplinan, kerohanian dari guru agama, juga literasi di perpustakaan,” terang Kristina.

Pada malam terakhir, siswa menjalani long march sejauh kurang lebih 9 km, dari kampus menuju pantai Jatimalang, sart jam 2 malam. Di Jatimalang, beragam kegiatan sudah disiapkan para instruktur, seperti outbound dan bakti masyarakat. Dari Jatimalang, mereka kembali ke sekolah untuk mengikuti upacara penutupan.

“Setelah mengikuti MPLS dan LDDK ini, mereka akan dilantik menjadi Taruna Taruni SMK N 4 Purworejo,” ujar Edi Mardiyanto menimpali. (Jon)