Latih Kedisiplinan, Siswa Baru SMKN 4 Purworejo Jalani LDDK

    


Para siswa baru SMK N 4 Purworejo, saat mengikuti kegiatan LDDK (Latihan Dasar Disiplin Korps) dibawah bimbingan personel Pos TNI AL Keburuhan, Kamis (19/7/2018) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Usai mengikuti kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) selama tiga hari, dari Senin (16/7) hingga Rabu (18/7), siswa baru SMK N 4 Purworejo melanjutkannya dengan kegiatan LDDK (Latihan Dasar Disiplin Korps).

LDDK dilaksanakan selama empat hari, dari Kamis (19/7) hingga Minggu (22/7). Kegiatan ini diikuti 287 siswa kelas X, 39 putri dan 248 putra, dari empat kejuruan, Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI), Tekhnika Kapal Penangkap Ikan (TKPI), Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT), serta Tekhnik Kendaraan Ringan (TKR).

“Tujuan dari LDDK ini, untuk melatih kedisiplinan, kerjasama, serta menciptakan jiwa kebersamaan dan cinta tanah air,” jelas Kepala SMK N 4 Purworejo, Wahyono, SPd, MPd, melalui Waka Kesiswaan, Kristina, SPd, Kamis (19/7).

Dalam kegiatan ini, kata Kristina, pihak sekolah bekerja sama dengan Pos TNI AL Keburuhan, yang menurunkan tujuh personilnya. Berbagai materi diberikan selama kegiatan, baik secara teori maupun praktek.

Untuk teori, materi yang diberikan tentang cinta tanah air. Untuk materi fisiknya, latihan PBB, tata upacara bendera, yel-yel, dan diselingi dengan permainan.

“Pada malam terakhir, siswa menjalani long march sejauh 13 km, dari kampus menuju pantai Jetis. Start jam 2 malam,” terang Kristina.

Di pantai Jetis, kata Kristina, kegiatan diisi dengan para outbound, bakti masyarakat, bersih-bersih pantai, serta memberikan bantuan empat bak sampah pada Pokdarwis Pantai Jetis.

Usai kegiatan di pantai Jetis, ujar Kristina, para siswa kembali ke sekolah, untuk mengikuti upacara penutupan dan menjalani pelantikan menjadi Taruna Taruni SMK N 4 Purworejo. Pelantikan ditandai dengan pemakaian baret oleh Kepala Sekolah kepada siswa.

“Jadi sebelum dilantik menjadi taruna taruni, siswa wajib menjalani LDDK,” pungkas Kristina. (Jon)