Lantik Pengurus Periode 2022-2025, Lamaholot Bali Kenang Frans Lebu Raya dan Korban Banjir Larantuka

    


Lamaholot Bali melantik pengurus baru periode 2022-2025 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Badan Pengurus Ikatan Keluarga Lamaholot Bali Periode 2022-2025 dilantik oleh Ketua Flobamora Bali Yusdi Diaz di Aula ITB STIKOM Bali, Minggu, 27 Februari 2022.

Acara ini dihadiri oleh 25 unit paguyuban se-Flobamora Bali dan dua Korwil Flobamora. Lamaholot Bali adalah paguyuban diaspora NTT asal Flores Timur, Lembata, Adonara, Solor dan Pantar Baranusa.

Pengurus baru Lamaholot Bali ini memiliki anggota 28 orang dengan ketua Yosep Pati Padak yang akrab dipanggil Yosep Boleng. Pelantikan badan pengurus sekaligus menjadi momentum khusus warga Lamaholot Bali untuk mengenang 77 hari meninggalnya Frans Lebu Raya, mantan Gubernur NTT.

Acara itu juga untuk mengenang 43 tahun bencana banjir bandang Larantuka pada 27 Februari 1979 yang menewaskan lebih dari 150 orang.

Dalam sambutannya, Yusdi Diaz berharap, pengurus baru ini lebih konsen membantu warga Lamaholot dalam hal kedukaan. Sebagai organisasi paguyuban tertua di Bali yang kini berusia 51 tahun, Lamaholot Bali harus tetap mempertahankan jati dirinya agar tetap menjadi solusi bagai warga di saat kedukaan.

“Lamaholot Bali dari dulu segini-gini aja anggotanya, kita tidak perlu mencari anggota. Biar sedikit, yang penting kompak, maka kita akan kuat. Heke Mege,” ujar Yusdi Diaz sambal mengutip tagline Lamaholot Bali, “Heke Mege”, yang artinya tetap berdiri kokoh, membantu angggota.

Sementara, Ketua Lamaholot Bali Yosep Boleng menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas kepercayaan anggota. Dia mengaku, tiga tahun sebelumnya memimpin Lamaholot Bali, dia dan para pengurus sudah memberikan yang terbaik buat warga, terutama dalam hal duka.

Misi utama Lamaholot Bali adalah dalam hal duka dan suka tetapi penekanannya soal duka.

“Kalau soal suka itu kan sudah direncanakan , tapi musibah datang tanpa rencana,” ujarnya.

Yosep Boleng mengatakan, saat ini anggota aktif Lamaholot Bali 500-an orang. Karena pandemi, banyak yang pulang kampung.

“Sebelumnya anggota kami mencapai seribu lebih. Tetapi ke depan, salah satu program kami adalah membuat sistem informasi anggota untuk memudahkan pendataan anggota,” jelasnya.

Dalam acara ini, Yosep boleng juga melantik Pengajian Wathan Lamaholot yang dipimpin oleh Muhammad Alqifari SL. Salah satu unit dalam Lamaholot ini baru terbentuk pekan lalu atas inisiasi Abdul Bethan dan Rahman Sabon Nama. (rsn)