Lantik Dirut Perusda, Gubernur Koster Ingatkan Harus Kerja Ngayah Dulu

    


Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Gubernur Bali I Wayan Koster menegaskan, Perusahaan Daerah (Perusda) harus mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Koster melihat beberapa tahun belakangan ini, posisi Perusda cenderung stagnan.

“Jadi jangan sampai nanti Perusda habis modal tapi punya utang. Nanti sama saya tidak bisa begitu, nanti harus clear,” jelas Gubernur Koster saat Pelantikan Direksi dan Dewan Pengawas Perusahaan Daerah Provinsi Bali, di Wiswa Sabha, Pemprov Provinsi Bali, Sabtu 12 Desember 2019.

Pengelola Perusda, diharapkan harus punya ilmu dan inisiatif bagaimana meningkatkan pendapatan. Kepada Direktur Utama Perusda Suryawan Dwimulyanto, Koster menegaskan harus bekerja ngayah dulu.

“Jadi satu tahun sebelum punya penghasilan, bapak tidak terima gaji. Bapak harus tunjukan ngayah dulu,” tambah Gubernur Koster.

Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) melantik dan mengambil sumpah Direksi dan Dewan Pengawas Perusahaan Daerah (Perusda) Bali, di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Sabtu (12/1/2019). Direksi Perusda yang dilantik yakni, IB Kesawa Naryana sebagai Dewan Pengawas Perusda dan anggota Gembong Triadjaja.

Direktur utama Perusda Suryawan Dwimulyanto, Direktur Operasional Agung Dwi Astika serta Direktur Keuangan IB Gede Purnamabawa.

Kedepannya, dikatakan Gubernur Koster, jajaran direksi dan Dewan Pengawas Perusda Bali harus mampu melihat, mengkaji dan mengembangkan potensi dan sumber pendapatan daerah.

“Perusda memilki potensi besar dan memegang peran penting dalam pendapatan daerah. Untuk itu seusai dilantik, saya minta langsung bekerja, buat pemetaan, susun rencana serta target yang jelas dan realistis,” ujarnya demikian.

Gubernur Koster juga mengingatkan jajaran Perusda agar mencari sumber-sumber pendapatan secara profesional dan sesuai dengan peraturan yang ada. Sinergitas Perusda dengan pemangku kepentingan dan pihak lainnya juga diharapkan terus dijalin dan ditingkatkan.

“Mari kita semua kembali menata diri dan menjalankan fungsi dengan sebaik baiknya. Bekerja secara profesional, bersungguh sungguh dan berdedikasi untuk Bali, ” tuturnya.

Pelantikan Direksi periode 2019- 2024 dan Dewan Pengawas periode 2019-2023 Perusda Provinsi Bali turut dihadiri Sekda Provinsi Bali, instansi vertikal di lingkungan Pemprov Bali serta Kepala OPD di lingkungan Pemprov Bali. (*)