Lansia di 4 Desa di Gianyar Terima Bantuan Rutin dari Dinsos

    


Ketua K3S Surya Adnyani saat menyerahkan bantuan sembako kepada lansia di Kabupaten Gianyar, Selasa (11/8/2020) - foto: Catur/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Program rutin Dinas Sosial Kabupaten Gianyar kembali dikucurkan kepada kelompok Senam Lansia di 4 Desa di Kabupaten Gianyar, Selasa, 11 Agustus 2020.

Empat desa itu meliputi, Desa Singapadu Tengah Sukawati, Desa Singakerta Ubud, Desa Puhu Payangan dan Desa Suwat Gianyar.

“Setiap tahunnya bantuan menyasar para lansia produktif di masing-masing desa di Kabupaten Gianyar. Paket sembako berupa 50 Kg kacang hijau, 50 Kg gula dan 50 kotak susu,” jelas Kadis Sosial A.A Putri, Selasa, 11 Agustus 2020.

Ketua K3S, Surya Adnyani Mahayastra menambahkan, selama pandemi ini, banyak bantuan dan CSR diberikan oleh Pemkab Gianyar. PKK sendiri, menurut Surya Adnyani, juga memiliki program terkait dengan lansia.

“Ini menandakan program dari kabupaten maupun Desa, betul- betul bersinergi berkesinambungan,” kata Surya Adnyani Mahayastra.

Menurut istri Bupati Mahayastra ini, para lansia harus diberikan aktivitas yang sesuai dengan usia dan kondisi fisik mereka. Hal itu bisa menambah semangat hidup dan meningkatkan derajat kesehatannya.

“Misalkan saja kita di Bali, kita sering melihat orang tua mejejahitan, metanding banten dan beberapa aktifitas lainnya. Ini akan melatih daya ingat mereka dan membuat mereka merasa berharga karena tidak membebani anak cucunya,” jelas Surya Adnyani.

Saat ini, memasuki fase new normal. Senam lansia, menurutnya, harus digiatkan lagi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

“Dengan berolahraga dapat meningkatkan imunitas tubuh,” ujarnya. (ning)