Langganan Juara di Popda, Bola Voli Jadi Ikon SMKN 4 Purworejo

    


Tim Bola Voli putra SMKN 4 Purworejo, langganan juara Popda tingkat Kabupaten - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Cabang olahraga Bola Voli, menjadi andalan dan potensi tersendiri bagi SMKN 4 Purworejo. Dalam setiap kejuaraan Bola Voli Popda (Pekan Olahraga Pelajar Daerah) tingkat Kabupaten Purworejo, tim Bola Voli SMKN 4 Purworejo selalu jadi langganan juara.

Karena seringnya meraih juara 1, Bola Voli menjadi ikon bagi SMKN 4 Purworejo. Seperti dalam Popda tahun 2021 ini. Tim Bola Voli putra dan putri SMKN 4 Purworejo meriah juara 1 Popda Kabupaten Purworejo tingkat SMA/SMK.

“Potensi SMKN 4 Purworejo banyak di non akademis, khususnya Bola Voli. Meskipun untuk akademisnya, sebenarnya untuk ketrampilan atau keahlian juga tak kalah dengan sekolah lainnya,” jelas Kepala SMKN 4 Purworejo, Purwanti, S.Pd, M.Par, Senin (28/06/2021).

Selain Bola Voli, dalam Popda tersebut untuk cabang olahraga atletik juga meraih prestasi, yakni, Trisula Ayuningrum, juara lari 100 meter putri dan juara 1 lompat jauh putri, Fajar Sukmo Himawan juara 1 lompat jauh putra, Sela Selfia juara 2 lari 200 meter putri, dan Anggita juara 3 lari 200 meter putri.

SMKN 4 Purworejo juga juara 2 LKS tingkat propinsi untuk mata lomba Nautika Kapal Penangkap Ikan, jadi Duta Genre (putra) atas nama Agus Eka Prasetya, yang mewakili Kecamatan Ngombol ke tingkat propinsi.

Prestasi juga diraih dalam ajang pemilihan Bagus Roro 2021. SMKN 4 Purworejo mengirim 3 pesertanya, guru BK Dwi Prasetya, SPd, meraih Runner Up 1 Bagus, Agus Eka Saputra, Runner Up 2 Bagus dan Reni Putri Rahayu, meraih juara fotogenik.

“Kita memang selalu unggul dalam Bola Voli. Untuk mempertahankan ikon Bola Voli ini, regenerasi kita lakukan terus dengan bimbingan pelatih berpengalaman, Giek dan Doni,” kata Purwanti, yang didampingi Waka Humas, Edi Mardiyanto.

Ikon Bola Voli inilah, ungkap Purwanti, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi calon siswa baru untuk mendaftar di SMKN 4 Purworejo, yang membuka kompetensi keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan, Teknik Kapal Penangkap Ikan, Agribisnis Perikanan, dan Teknik Kendaraan Ringan. Banyak dari calon siswa baru memilih melanjutkan sekolahnya di SMKN 4 Purworejo karena Bola Volinya.

“Kedepan kita berharap, mampu menunjukkan kompetensi kita, paling tidak itu menjadi bekal untuk kesuksesan mereka, karena sekarang banyak instansi/perusahaan yang melirik cabang olahraga sebagai satu daya tarik tersendiri untuk merekrut karyawan. Jadi bukan hanya melulu pada akademi saja,” pungkas Purwanti. (Jon)