Lampaui Target, SMPN 1 Purworejo Borong Medali di Popda Tingkat Kabupaten

oleh
Kepala SMPN 1 Purworejo, Tuwuh Sutrisno, S.Pd., M.M.Pd., saat menyerahkan medali kejuaraan Popda dalam sebuah upacara, Senin (20/03/2023) - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – SMPN 1 Purworejo, berhasil melampaui target perolehan medali dalam Popda tingkat Kabupaten Purworejo tahun 2023. Dari 40 medali yang ditargetkan, sekolah ini berhasil memperoleh 43 medali, dengan perincian 21 emas, 13 perak dan 9 perunggu. Medali ini, diperoleh pada cabor (cabang olahraga) Kempo, Tae Kwon Do, Tenis Lapangan, Panjat Tebing, Renang, Bulu Tangkis, Bila Voli, Kempo, Petanque, Pencak Silat dan Balap Sepeda.

Penyerahan medali kejuaraan secara simbolis dilakukan oleh Kepala SMPN 1 Purworejo, Tuwuh Sutrisno, S.Pd., M.M.Pd., Senin (20/03/2023), dalam sebuah upacara bendera di halaman setempat.

Usai penyerahan medali, Tuwuh menyebut, jika tahun 2023 ini merupakan tahun prestasi, karena ada peningkatan dibanding tahun sebelumnya, baik akademis maupun olahraga.

“Dari perolehan medali secara keseluruhan di Popda, kita berada di urutan ke 2,” ujar Tuwuh sambil menambahkan, nantinya, setiap anak yang berprestasi akan direkap prestasi akademis dan non akademis yang mengharumkan nama sekolah, dan akan diberikan reward di akhir tahun.

Tuwuh mengungkapkan, kemungkinan perolehan medali bisa lebih dari 43, mengingat, atlet-atlet silat dan bulu tangkis yang selalu mendulang prestasi di Popda sebelumnya tengah mengikuti studi tour ke Bali. Dari mereka, cabor silat dan bulutangkis ditargetkan mendapat emas.

Karena berjenjang, kata Tuwuh, yang juara 1 akan maju ke tingkat propinsi pada cabang olahraga yang dilombakan di tingkat propinsi.

“Dengan prestasi ini, harapannya nanti bisa memotivasi teman-temannya yang saat ini belum ikut ekstra/kegiatan, juga bagi yang sudah ikut kegiatan tapi belum mendapatkan juara. Harapannya dengan adanya penerimaan medali ini bisa menambah semangat untuk berlatih dan berlomba,” ungkap Tuwuh.

Dari hasil Popda ini, kata Tuwuh, pihaknya langsung mengevaluasi, dari pelatih-pelatih dan pengampu yang belum mendapatkan kejuaraan. Mereka diminta untuk lebih intensif dalam mengampu anak-anak. Jadi targetnya, setiap jenis ekstra yang dilombakan dapat juara. Misal sepakbola ataupun bola voli.

Para siswa SMPN 1 Purworejo peraih juara di Popda tingkat Kabupaten Purworejo tahun 2023 berfoto bersama - foto: Koranjuri.com
Para siswa SMPN 1 Purworejo peraih juara di Popda tingkat Kabupaten Purworejo tahun 2023 berfoto bersama – foto: Koranjuri.com

“Tahun ini tidak dapat juara karena apa, mungkin dari tekniknya, materinya, atau mungkin dari fisiknya. Sehingga tahun depan bisa lebih dipersiapkan dan mendapatkan juara,” terang Tuwuh, yang didampingi Prayogi, S.Pd., Waka Kesiswaan.

Prayogi menambahkan, dari cabor-cabor yang diikutinya, dari SMPN 1 Purworejo berhasil menyabet juara umum pada cabor renang, pentaque dan kempo.

Pada cabor Petanque mendapatkan 2 emas dan 2 perunggu. Cabor kempo mendapatkan 7 emas, 3 perak dan 3 perunggu, serta renang dengan 6 medali emas, 4 perak dan 2 perunggu. Untuk Tae Kwon Do juga mendapatkan banyak medali, dengan perolehan 3 emas, 3 perak dan 1 perunggu.

“Alhamdulillah melebihi target. Dari target 40 kita mendapat 43 medali. Ada peningkatan dibanding tahun lalu, dimana dari target 40 medali, kita hanya meraih 31 medali,” pungkas Prayogi, yang menargetkan untuk Popda tahun depan bisa mendapat 50 medali. (Jon)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS

KORANJURI.com di Google News