Lama Tak Terlihat di Dunia Hiburan, Nova Eliza Kini Berkiprah Sebagai Aktifis

    


Salah satu karya fotografi yang terjual merupakan ekspresi wajah Nova Eliza. Hasil penjualan itu seluruhnya akan disumbangkan kepada perempuan korban kekerasan - foto: Wahyu Siswadi/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Selebriti Nova Eliza kini aktif di lembaga sosial ‘Suara Hati’, sebuah lembaga yang didirikannya untuk memberi dukungan terhadap perempuan yang mengalami tindak kekerasan.

Suara Hati adalah kampanye anti kekerasan terhadap wanita yang diadakan oleh Mata Jiva Imaji dengan Nova Eliza sebagai Direktur Proyek. Kampanye ini didukung oleh banyak selebriti dan tokoh-tokoh wanita Indonesia.

“Saya sendiri pernah mengalami kekerasan verbal. Tapi di lingkungan saya, ketika konflik Aceh, banyak saudara dan orang-orang yang saya kenal mengalami kekerasan fisik. Itu awal saya mendirikan Suara Hati,” kata Nova Eliza di Beachwalk, Kuta, Rabu, 27 Januari 2016.

Dalam naungan lembaga sosial miliknya, Nova menggandeng puluhan selebritis tanah air untuk difoto dalam balutan ekspresi yang menyiratkan tindak kekerasan. Dari deretan publik figur yang dipotret, dikatakan Nova, semuanya punya pengalaman tindak kekerasan.

Sehingga ekspresi yang muncul dalam karya fotografi itu menjadi wahana kampanye anti kekerasan perempuan. Deretan selebritis yang jadi obyek fotografi itu antara lain, Rima Melati, Susan Bachtiar, Sandra Dewi, Olla Ramlan, Krisdayanti, Cut Mini, Happy Salma, Indi Barends, Cut Keke, Ine Febrianti hingga penyanyi keroncong Sundari Soekotjo.

Menggandeng dua fotografer asal Bali, yakni Dewandra Djelantik dan Ni Luh Djelantik, kampanye perdana diisi dengan pameran fotografi di lantai dasar Beachwalk, Kuta. Lewat pameran itu Nova Eliza menyuarakan kepedulian terhadap perempuan korban kekerasan.

“Saya harap kehadiran Suara Hati dapat memberikan perlindungan perempuan yang tertindas untuk memperjuangkan haknya dan membantu mereka untuk meneruskan hidup,” jelas Nova Eliza.
 
 
way