Lagi, 2 Warga Asing Dideportasi Imigrasi Bali

    


WNA asal Rusia dideportasi dari Indonesia - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Seorang warga Nigeria Ikechukwu Christiantus Nwokenta dideportasi ke negaranya karena pelanggaran Keimigrasian pada Sabtu 20/3/2021).

Christiantus ditangkap oleh Petugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar. Kemudian diserahkan ke Rumah Detensi Imigrasi Denpasar pada 8 Januari 2021 sembari menunggu proses deportasi.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Bali Jamaruli Manihuruk mengatakan, yang bersangkutan datang ke Indonesia sejak tanggal 22 September 2018.

“Selain deportasi, yang bersangkutan juga dimasukan ke dalam daftar cekal (cekal dan tangkal) pada Direktorat Jenderal Imigrasi,” kata Jamaruli, Minggu, 21 Maret 2021.

Selain dideportasi, Warga Negara Asing
tersebut juga dimasukan ke dalam daftar cekal (cekal dan tangkal) pada Direktorat Jenderal Imigrasi.

Jamaruli mengatakan, WNA tersebut dideportasi menggunakan Maskapai Citilink QG 681 dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK).

Kemudian, penerbangan dilanjutkan menggunakan pesawat Ethiopian Airlines ET 629 dan ET 901 rute Jakarta (CGK) – Addis Ababa (ADD) – Lagos (LOS). Waktu Boarding pada pesawat ET 629 yaitu pukul 16.10 WIB melalui Gate A2.

“Pendeportasian dilakukan melalui Bandara Soekarno Hatta Jakarta, berhubung Bandara I Gusti Ngurah Rai masih ditutup dikarenakan pandemi Covid-19,” kata Jamaruli.

Sebelumnya, pada Jumat (19/3/2021), seorang perempuan berkewarganegaraan Rusia juga dideportasi dari Indonesia. Ekaterina Trubkina dijemput oleh Inteldakim Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai dari Lapas Perempuan Kelas IIA Kerobokan.

“Setelah melengkapi pemeriksaan dokumen, yang bersangkutan dideportasi melalui Bandara Soekarno-Hatta,” kata Jamaruli. (Way)