KRI Teuku Umar-385 Tangkap Illegal Fishing di Wilayah ZEE Indonesia

    


KRI Teuku Umar-385 menangkap Kapal Ikan Asing (KIA) Vietnam yang diduga melakukan kegiatan illegal fishing di wilayah Perairan Zona Ekonomi Eklusif (ZEE) Indonesia Jumat (8/3/2019) - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – KRI Teuku Umar-385 menangkap Kapal Ikan Asing (KIA) Vietnam yang diduga melakukan kegiatan illegal fishing di wilayah Perairan Zona Ekonomi Eklusif (ZEE) Indonesia Jumat (8/3/2019).

Penangkapan dilakukan saat KRI Teuku Umar-385 menggelar patroli sektor di wilayah Perairan Indonesia. Saat itu kapal mendapatkan kontak terkait keberadaan kapal asing yang mencurigakan.

“Prosedur pengejaran dilakukan. Kemudian memeriksa dan menggeledah muatan, ABK dan dokumen kapal tersebut,” jelas Pangkoarmada I Laksda TNI Yudo Margono.

Kapal tersebut, dikatakan Yudo, melakukan illegal fishing di wilayah Perairan ZEE Indonesia saat ditangkap. Dari pemeriksaan, kapal berbendera Vietnam itu membawa muatan 7 palka ikan campuran dan ditemukan sepucuk pistol bius.

Nahkoda bernama Hayah Chi berkewarganegaraan Vietnam dan nama kapal BV 3709 TS.

Kapal tersebut kemudian di-adhoc ke Lanal Ranai untuk proses pemeriksaan dan penyidikan lebih lanjut.

“Penangkapan Kapal Ikan asing tersebut merupakan bentuk komitmen TNI AL dalam hal ini Koarmada I dalam penegakkan kedaulatan dan hukum di laut,” jelas Yudo Margono.

Pihaknya akan terus meningkatkan patroli perbatasan dan tidak ragu dalam menindak tegas segala bentuk pelanggaran dan aktifitas ilegal.

“Banyak aktifitas ilegal diantaranya, pencurian sumber daya alam yang ada di perairan Indonesia bagian barat,” jelas Pangkoarmada I Laksda TNI Yudo Margono. (*)