KPU Bali Tetapkan 560 Daftar Calon Sementara Legislatif Pileg 2024

oleh
Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Bali Ni Luh Putu Sri Widiastini - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali menetapkan Daftar Calon Sementara (DCS) untuk Calon Legislatif dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Bali Ni Luh Putu Sri Widiastini menjelaskan, jumlah DCS legislatif sebanyak 560 orang dari 18 partai politik.

“Jumlah pendaftar sebanyak 795 orang, setelah dilakukan verifikasi administrasi dan perbaikan terjaring 560 caleg yang masuk dalam DCS,” jelas Sri Widiastini, Senin, 21 Agustus 2023.

Menurutnya, dalam perjalanan jika ada caleg yang mengundurkan diri atau mengalami kondisi force majeur seperti meninggal dunia, dikatakan Widiastini, dapat dilakukan penggantian.

“Sampai DCT kalau terjadi kondisi tertentu dapat dilakukan pergantian dengan persetujuan DPP masing-masing parpol,” jelasnya.

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali juga menetapkan DCS untuk DPD RI perwakilan Bali sebanyak 17 orang.

Sementara, Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Gede Lidartawan menambahkan, dari total DCS calon legislatif, keterwakilan perempuan sebanyak 37 persen.

“Kami mendorong jumlah partisipasi perempuan lebih banyak, termasuk pula untuk DPD RI. Hanya saja, DPD tidak mengatur jumlah keterwakilan perempuan, berapapun sah-sah saja, dan ini sudah dibuka dan ditetapkan,” kata Lidartawan. (Way)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS

KORANJURI.com di Google News