KPU Bali Siapkan 1 TPS Perempuan di Tiap Kabupaten/Kota

    


Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan mengatakan, dalam Pemilu 2024 nanti, KPU menyiapkan satu TPS dengan pemilih seluruhnya perempuan. TPS khusus perempuan itu berada di setiap Kabupaten/Kota di Bali.

“Ya, di masing-masing Kabupaten/Kota, kota coba satu TPS,” kata Lidartawan di Denpasar, Senin, 3 Oktober 2022.

Menurutnya, penyediaan TPS khusus perempuan itu dalam rangka mendorong partisipasi perempuan dalam berpolitik.

Lidartawan menambahkan, belajar dari pengalaman Pemilu 2021, TPS khusus Perempuan yang ada di Desa Adat Panjer, Denpasar menunjukkan kinerja yang bagus.

“Berdasar pemilu 2021, satu TPS (perempuan) rapi, tidak ada yang salah dan tuntas kerjanya,” jelas Lidartawan.

Karena memiliki kekhususan, maka KPU Bali juga menempatkan petugas yang semuanya juga perempuan. Mulai dari, Polwan, pengawas dan saksi yang juga perempuan.

“Untuk rekrutmen penyelenggara adhoc pun kuota perempuan terpenuhi 30 persen. Jadi bukan hanya di partai saja yang wajib menyertakan pendidikan politik perempuan, kami penyelenggara akan fasilitasi,” jelasnya.

Sementara, dalam pemutakhiran data pemilih di Bali, KPU mencatat ada kenaikan 95 ribu pemilih. Sampai saat ini, KPU menyiapkan 9.917 TPS di seluruh provinsi Bali.

Namun, menurut Lidartawan, total jumlah TPS itu belum final. Masih akan terjadi penambahan sesuai jumlah pemilih yang ada di Kabupaten/Kota di Bali.

“Saat ini kami berada dalam tahapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan. Tahapan itu sedang berjalan hingga 14 Desember,” ujar Lidartawan. (Way)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS