Koster Puji Konsep Gang Hijau yang Dikembangkan Warga Jembrana

    


Calon Gubernur Bali nomor urut 1, I Wayan Koster didampingi Ketua DPD PDIP Jembrana Made Kembang Hartawan, menyusuri 'Gang Hijau' Lingkungan Satria Kelurahan Pendem Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Calon Gubernur Bali nomor urut 1, I Wayan Koster didampingi Ketua DPD PDIP Jembrana Made Kembang Hartawan, menyusuri ‘Gang Hijau’ Lingkungan Satria Kelurahan Pendem Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana.

Gang-gang pemukiman warga tertata rapi dan asri. Di sepanjang gang, warga menanam berbagai tanaman hias dan obat-obatan di depan rumah mereka. Menariknya, tanaman-tanaman tersebut dirawat dari hasil pengolahan sampah organik.

Di tempat ini, Koster menyempatkan diri mengunjungi rumah pelopor ‘Gang Hijau’, Ni Ketut Kina di Lingkungan Satria, Kelurahan Pendem. Disitu, Koster mendapatkan penjelasan tentang konsep Gang Hijau yang dipelopori suaminya sejak beberapa bulan lalu itu.

Menurut Kina, selain menanam tanaman hias dan obat-obatan, warga juga mengolah sampah sehingga memiliki nilai ekonomis.

“Sampah rumah tangga dari warga di masing-masing rumah dipisahkan terlebih dahulu. Sampah organik diolah menjadi pupuk, sedangkan non-organik diserahkan ke bank sampah,” jelasnya.

Ditambahkan, konsep ‘Gang Hijau’ dapat membantu meringankan pemerintah dalam mengurai limbah sampah rumah tangga.

“Memang dari segi ekonomi hasilnya tak seberapa, tapi manfaat lainnya justru lebih baik seperti lingkungan menjadi asri dan bersih juga lebih sehat,” sebutnya.

Sementara itu, Koster memuji upaya yang dilakukan warga tersebut. Apalagi hal itu dilakukan secara swadaya serta atas kesadaran warga sendiri.

“Hal ini patut ditiru oleh warga lain di Bali terutama di perkotaan. Ini bisa menjadi salah satu solusi mengurai permasalahan sampah yang kita hadapi. Kunci awalnya adalah bagaimana membangun kesadaran masyarakat tentang kebersihan dan sampah,” tutup Koster. (*)