Koster: 70 Persen Ekonomi di Bali Ditopang Pariwisata, Jaga Sektor itu

    


Gubernur Bali I Wayan Koster - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Gubernur Bali, Wayan Koster menghadiri Gathering dengan Aliansi Masyarakat Pariwisata Bali (AMPB) di Bounty Cruise, Jumat, 14 Desember 2018.

“Pariwisata ini sudah menjadi tumpuan kehidupan masyarakat Bali. Pilar utama perekonomian masyarakat Bali, hampir 70 persen ditopang oleh pariwisata,” kata Koster didampingi Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Arta Ardana Sukawati (Cok Ace).

Menurut Koster, pariwisata memiliki posisi strategis, dan penting, sehingga menjadi peringatan bagi semua masyarakat Bali agar menjaga sektor ini. Karena jika sampai terganggu atau tidak bisa berjalan secara berkelanjutan, maka akan berdampak pada perekonomian masyarakat Bali.

“Menggangu juga pada tingkat kesejahteraan masyarakat. Karena kebanyakan masyarakat Bali mengantungkan hidupnya dari sektor pariwisata,” jelasnya.

Lebih lanjut Gubernur menambahkan, Bali menjadi tujuan kunjungan wisata dunia, karena selain alam yang indah, masyarakat yang ramah, budayanya yang unik, kaya dan menjadi tata kehidupan masyarakat Bali, sehingga Bali menjadi pusat peradaban dunia.

Sementara, Ketua Aliansi Masyarakat Pariwisata Bali, Gusti Kade Sutawa mengatakan, tahun lalu juga melakukan kegiatan yang sama dengan gubernur sebelumnya.

“aliansi ini merupakan pokja pemulihan pariwisata Bali yang berdiri sejak tahun 2002, setelah bom Bali. Di mana tujuannya, ikut memberikan sumbangsih pemikiran untuk pariwisata Bali,” ujarnya. (*)