Korlantas-Kemenhub Inspeksi Ramp Check 4.435 Bus, 834 Tak Laik Operasi

oleh
Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar ramp check pada PO Bus Jackal Holidays di Jalan Soekarno Hatta, Bandung, Jawa Barat - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Pasca peristiwa kecelakaan yang menimpa rombongan bus pariwisata hingga studi tur siswa, Korps Lalu Lintas (Korlantas) menggelar pemeriksaan ramp check bus antar kota antar provinsi dan bus pariwisata.

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan, di seluruh Indonesia ada 5.283 bus yang diperiksa kelaikan fisik dan administratif.

Dari pengecekan yang dilakukan, 4.435 armada bus dinyatakan laik jalan. Sedangkan, 834 armada tidak laik beroperasi.

“Kita laksanakan ramp check di 262 lokasi bersama Kementerian Perhubungan,” kata Aan Suhanan di Bandung, Jawa Barat, Selasa (28/5/2024).

Ia menambahkan, ratusan armada yang dinyatakan tak laik jalan, ditemukan uji KIR yang telah mati dan tidak berlaku lagi. Selain itu, sejumlah kendaraan secara fisik dan teknis tak memenuhi persyaratan operasi.

“Pengusaha bus yang lalai dan mengabaikan standar keselamatan akan berdampak besar kepada penumpang dan nama perusahaan bus tersebut,” kata Aan.

Pihaknya mengimbau, masyarakat yang memanfaatkan jasa bus pariwisata untuk melakukan pengecekan kelaikan melalui website Spionam dan Mitra Darat milik Kementerian Perhubungan.

“Jangan ragu-ragu untuk melihat, bertanya kepada pengusaha bus dan jangan cari yang murah tapi tidak menjamin keselamatan,” jelasnya. (Lib)

KORANJURI.com di Google News