Konvoi Motor Custom Rombongan Presiden Tinjau PKT Sukabumi

    


Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu 8 April 2018 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Program Padat Karya Tunai (PKT) Irigasi di Pelabuhan Ratu menjadi lokasi ke-11 yang dikunjungi Presiden Jokowi. Sebelumnya, Jokowi meninjau lokasi Padat Karya mulai dari Tegal, Tasikmalaya, Lampung Selatan, Musi Banyuasin, Dharmasraya, Tanah Datar, Seram Bagian Barat, Gowa, Tabanan dan Cirebon.

“Di Provinsi Jawa Barat, total terdapat 711 lokasi PKT Irigasi yang total anggarannya sebesar Rp 159 miliar, artinya uang sebesar itu akan beredar di seluruh desa yang ada di Jawa Barat,” kata Presiden Jokowi.

Program PKT, disebutkan Jokowi bertujuan untuk mendistribusikan dana tunai langsung kepada masyarakat di desa dengan cara yang produktif (cash for work). Sehingga daya beli dan konsumsi masyarakat di desa meningkat.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan PKT irigasi kecil di Desa Pasir Suren merupakan program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air (P3TGAI) di Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, Ditjen Sumber Daya Air.

“Anggarannya Rp 225 juta dengan melibatkan 70 orang yang merupakan anggota Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A),” jelas Basuki.

Presiden Jokowi mengendarai motor choper untuk meninjau proyek PKT Irigasi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu 8 April 2018.

Rombongan bergerak dari Puskesmas Bantar Gadung menuju Desa Pasir Suren. Jarak tempuh mencapai 30 km. Ikut dalam konvoi motor custom itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan beberapa anggota klub motor ikut serta dalam kunjungan tersebut. (*)