Konsumsi Sabu-sabu, 3 Remaja Diamankan Satresnarkoba Polres Purworejo

    


Kasatresnarkoba Polres Purworejo, Iptu Sapto Hadi, dengan ketiga tersangka pemakai shabu, yang kini ditahan di Mapolres Purworejo dengan sejumlah barang bukti - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Satresnarkoba Polres Purworejo berhasil mengamankan tiga pemakai sabu-sabu. Mereka ini, IHA (37), yang beralamat di Jl. Pramuka, Baledono, GW (37), yang beralamat RT. 4 RW.6 Kelurahan Baledono, dan MAR (24), yang beralamat di RT.4 RW.6 Kelurahan Baledono.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, ketiganya kini mendekam di sel tahanan Mapolres Purworejo. Dari para tersangka, polisi menyita sejumlah barang bukti, antara lain, dua pipet kaca, tiga korek gas, dua paket sabu-sabu seberat 0,31 gram dan 0,27 gram, satu dompet, serta dua sedotan dipotong-potong.

“Penangkapan bermula dari informasi masyarakat, tentang adanya pemakai shabu yang dilakukan para tersangka,” jelas Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong, melalui Kasatnarkoba, Iptu Sapto Hadi, Rabu (27/2).

Dari informasi tersebut, jelas Sapto Hadi, setelah dilakukan penyelidikan dan penggeledehan, akhirnya ditemukan sejumlah barang bukti. Ketiga tersangka ketika dilakukan test urine juga positif mengandung metamfetamine.

Penangkapan pertama, ungkap Sapto Hadi, dilakukan terhadap tersangka MAR pada Kamis (21/2) pukul 17.30 WIB yang dilanjutkan dengan penangkapan terhadap IHA pada pukul 19.00 WIB. Untuk tersangka GW, ditangkap pada Jum’at (22/2).

Ketiga tersangka, terlibat perkara tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan narkotika golongan 1 jenis sabu-sabu, atau sebagai penyalahguna narkotika golongan 1 jenis sabu-sabu bagi dirinya sendiri.

Dari hasil pengembangan penyelidikan, akhirnya diketahui, kalau ketiganya tersebut mendapatkan Sabu-sabu yang dikonsumsinya tersebut dari seseorang yang bernama Mumun, yang pembeliannya dilakukan di sekitar terminal Magelang. Dari pengakuan para tersangka, ketiganya sebelumnya juga pernah mengkonsumsi Sabu-sabu.

“Para tersangka kita jerat dengan pasal 112 ayat 1 subsider pasal 27 ayat 1 UU RI no 35 tahun 2009 tentang narkotika. Ancaman hukumannya minimal 5 tahun penjara, maksimal 15 tahun penjara,” pungkas Sapto Hadi, yang didampingi Kasubbag Humas Iptu Siti Komariah. (Jon)