Kolaborasi dengan Jazzer Muda , Balawan-Indro Hardjodikoro Tampil Bawakan Mix Fusion dan Etnik Bali

    


Musisi jazz Balawan dan Indro Hardjodikoro berkolaborasi dengan musisi jazz muda - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Balawan, musisi jazz asal Bali yang terkenal dengan teknik tapping nya, akan berkolaborasi dengan musisi jazz Indonesia Indro Hardjodikoro di Ryoshi, Seminyak, malam ini, Kamis, 12 April 2019.

Dua musisi Jazz kenamaan Indonesia itu akan mengeksplorasi musik fusion yang akan diramu dengan musik tradisional Bali. Dalam Event Jazz Spot ini Balawan dan Indro akan tampil satu panggung membawakan musik-musik andalan mereka bersama musisi Jazz muda yang ada di Bali.

“Malam ini kita akan main bersama Jazzer muda Bali. Bagaimana kita memberikan kesempatan kepada yang muda-muda untuk bermain bersama yang udah senior untuk menopang kemajuan mereka. 75% yang akan kita tampilkan tentunya Jazz, tapi kami akan berusaha tidak monoton,” jelas Balawan dalam konferensi pers, Kamis, 12 April 2019.

Event kolaborasi ini, menurut Balawan dapat mendorong semangat dan ketertarikan musisi muda terhadap musik Jazz. “Musik Jazz itu memang lebih menantang, membutuhkan skill tinggi, namun setiap orang memiliki kesempatan untuk tampil berimprovisasi untuk mengekspresikan dirinya masing masing,” paparnya.

“Saya rasa itu yang membuat musisi Jazz itu keren,” tambah Balawan.

Sejumlah musisi Jazz muda Bali yang akan tampil yakni, Gede Yudist, Kanaya dan Kevin. Selain itu juga akan ada Jam session.

Sementara Indro Hardjodikoro mengatakan, bermain dengan musisi muda memberikan spirit tersendiri baginya. Ia mengaku merasa lebih semangat dan termotivasi. Di samping itu, berbagi pengalaman dengan para musisi muda menurutnya adalah hal yang sangat penting untuk menjaga keberlangsungan musik Jazz di Indonesia.

“Sudah 30 tahun saya bermain musik, saya butuh energi baru untuk menyemangati energi saya ini. Karena saya mendapat energi bagus dan bersemangat ketika bermain bersama anak-anak muda,” ujar Indro demikian.

Dalam kesempatan itu, Indro akan memperkenalkan album barunya berjudul ‘Lights On’ yang dirilis pada Maret 2019 lalu. Album kedelapan ini berisi 9 lagu. Light On menurutnya, cukup mengintepretasikan apa yang ia pikirkan selama ini, dengan salah satu lagu berjudul ‘Energy’.

“Energy menggambarkan pentingnya eksistensi kekuatan dalam hidup kita. Seberapa besar energi dan usaha yang kita keluarkan dalam berjuang, maka hasilnyapun akan selaras dengan itu. Menurut saya, penting untuk menghargai proses dan selalu bekerja keras,” ujarnya. (Way)