Kodam IX/Udayana Siagakan 4.092 Personil Bantu Pengungsi Gunung Agung

    


Kapendam IX/Udayana Kolonel Inf J. Hotman Hutahaean

KORANJURI.COM – Kodam IX/Udayana menyiagakan 4.092 personil untuk membantu pengungsi Gunung Agung. Kapendam IX/Udayana Kolonel Inf J. Hotman Hutahaean mengatakan, pihaknya juga menyiapkan kebutuhan materiil berupa 52 unit kendaraan truk, 5 unit ambulans, 13 set tenda serbaguna, 23 buah tenda peleton, 7 set tenda kesehatan, 12 dapur lapangan dan 480 unit velbet.

“Di wilayah Bali 2.038 orang, 686 orang di NTB dan 1.368 orang di NTT,” jelas Hotman Hutahaean, Rabu, 29 November 2017.

690 personil yang disiagakan saat ini sudah melaksanakan kegiatan operasional pengendalian, pendataan dan pengaturan pengungsian yang terdampak bencana. Sedangkan untuk materiil yang sudah digelar yakni tenda dapur, tenda serbaguna, dapur lapangan, Kendaraan, dump truk serta peralatan komunikasi.

“Patroli bersama aparat lain rutin kami lakukan di daerah rawan bencana terutama, rumah yang ditinggal mengungsi oleh pemiliknya untuk mencegah terjadinya pencurian,” ujar Hotman.

Penanggulangan bencana itu dilakukan dengan koordinasi bersama Pemerintah Provinsi Bali. Dansatgas bencana telah ditunjuk Dandim 1623/Karangasem. “Kemudian para Danramil dan para Babinsa melaksanakan tugas pendataan serta menangani prosedur pengungsian penduduk,” jelas Kapendam IX/Udayana Kolonel Inf J. Hotman Hutahaean.(*)