KKP Buka Jalur Khusus Masuk STP Tanpa Biaya, Dengan Catatan…

    


Panitia seleksi Yuliati Hati Butar-Butar - Warson Sinaga - foto: Isak Doris Faot/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sekolah Tinggi Perikanan (STP) dibawah Kementerian Kelautan dan Perikanan RI melakukan seleksi mahasiswa baru di wilayah Rote Ndao yang merupakan wilayah pesisir terdepan. Peluang diberikan untuk mengikuti pendidikan dengan beasiswa untuk jenjang Diploma IV.

“Dua wilayah lainnya, Morotai dan Simeulue mendapat kuoto penerimaan jalur khusus masuk STP tahun ajaran 2016/2017, dan panitia langsung turun melakukan seleksi,” jelas Panitia seleksi Yuliati Hati Butar-Butar.

Di Kabupaten Rote Ndao seleksi dilakukan selama 4 hari mulai Senin 16-19 Mei 2016. Dikatakan Yuliati, kesempatan diberikan untuk anak dari para pengusaha perikanan di daerah seperti, petani rumput laut, penjual ikan maupun anak dari petani garam.

Namun hal itu tidak menutup kemungkinan diikuti oleh peserta umum yang mengacu pada materi akademik, ujian tertulis dan ujian fisik. Jumlah peserta tercatat sebanyak 60 orang namun yang melakukan registrasi hanya 46 orang.

Menurut Yuliati, calon mahasiswa yang lulus ujian seleksi sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah dengan pola ikatan dinas. Mereka ditempatkan di asrama dan mendapatkan pendidikan semi militer.

“Karena kami adalah tenaga trampil, kita bukan bidang akademik tetapi bidang ketrampilan advokasi,” ujar Yuliati.
 
 
Way