Kisah Sukses Alumni SMAN 1 Denpasar

    


Workshop Reuni ke-30 Alumni SMA Negeri 1 Denpasar Angkatan 1986 dihadiri Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra (tengah) - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Workshop dan reuni angkatan 1986 SMA Negeri 1 Denpasar berisi pesan tentang kisah sukses para alumni di segala bidang profesi. Kisah tentang kesuksesan itu akan menjadi inspirasi bagi siswa yang sekarang masih menimba ilmu di sekolah itu.

Success story ini tentu akan dibaca oleh semua orang yang ada disini. Disamping, kita juga memberikan apresiasi, karena apa yang dilakukan bisa menjadi bentuk perhatian almamater terhadap sekolah,” ujar Kepala SMA Negeri 1 Denpasar, I Nyoman Purnajaya, Sabtu, 27 Agustus 2016.

Salah satu alumni SMA Negeri 1 Denpasar yang kini sukses di pemerintahan adalah Walikota Denpasar dua periode, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra. Hadir pula, tokoh-tokoh sukses di bidang pendidikan maupun dunia usaha sebagai pebisnis yang juga merupakan alumni SMA Negeri 1 Denpasar.

Tema yang diangkat pada workshop tersebut ‘Memuliakan Profesi Guru’. Purnajaya mengatakan, makna dari pemuliaan terhadap guru harus dimulai dari pendidik atau guru itu sendiri. Selama ini, menurutnya, profesi guru diibaratkan sebagai label yang punya legalisasi.

“Ada dua dimensi dari tema tersebut, labelisasi dan legalisasi. Sebagai seorang pendidik, guru harus mampu mengangkat derajat kemuliaannya dimulai dari dirinya sendiri,” terang Purnajaya.

Cara yang menurut Purnajaya paling tepat untuk memuliakan guru antara lain, mengisi dan selalu mampu beradaptasi terhadap perubahan. Disamping, memegang segala etika dan moral sebagai seorang tenaga pendidik.

Sementara, Walikota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra melihat pendidikan yang ada di Kota Denpasar cukup baik. Angka partisipasi masyarakat terhadap pendidikan mencapai 99 persen dengan ratio kasar 100 persen.

“Pendidikan sebagai kebutuhan dasar di kota Denpasar cukup bagus. Tapi kita tidak boleh lengah dengan puas sampai di angka partisipasi. Pendidikan harus maju,” jelas Rai Mantra.

Sedangkan jumlah alumni SMA Negeri 1 Denpasar sampai saat ini hampir mencapai 22 ribu orang.
 
 
Way

Hits: 1