Kirab Malam 1 Sura Tahun Ini Di Tiadakan

    


Kirab kebo bule malam 1 Sura - foto: istimewa

KORANJURI.COM – Pengageng Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegoro IX dalam menyampaikan, acara kirab malam satu suro atau tahun baru Jawa Jumakir 1954 yang jatuh pada tanggal 19 Agustus 2020 tahun ini ditiadakan.

Alasan ditiadakannya kirab malam satu sura untuk mencegah penyebaran wabah covid-19 di kota Solo. Mengingat terjadinya pengumpulan massa pada saat kirab berlangsung, maka untuk mencegahnya acara tersebut ditiadakan.

Selain pengageng Pura Mangkunegaran, Keraton Solo juga merilis ditiadakannya Kirab Kebo Bule Malam 1 Sura melalui selebaran e-flyer yang beredar di media sosial.

Kirab malam satu sura merupakan tradisi turun temurun di Keraton Mataram sebagai bentuk penghormatan rasa syukur kepada Tuhan Yang MAha Esa, sekaligus bulan untuk mawas diri, instropeksi diri setelah masyarakat jawa menjalani perjalanan waktu satu tahun berlalu.

Melalui kirab malam satu sura masyarakat Jawa menjalani laku prihatin, instropeksi diri agar dalam menjalani kehidupan satu tahun kedepan senantiasa diberikan kekuatan dan dijauhkan dari segala marabahaya.

Karena alasan perenungan diri inilah kenapa bulan sura lantas di sakralkan untuk tidak menggelar hajadan. (JK)