Keunggulan Konsep Smart City yang Digagas AMERTA untuk Denpasar

    


Calon Walikota Denpasar Gede Ngurah Ambara Putra yang maju sebagai cawalkot bersama calon wakil Walikota. Made Bagus Kertanegara. Tandem ini dikenal dengan AMERTA, paslon bernomor urut 2 - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Konsep Kota Cerdas berbasis teknologi, atau Smart City bakal dikembangkan di Kota Denpasar secara matang oleh paslon AMERTA. Smart City, menurut Calon Walikota Denpasar Gede Ngurah Ambara Putra, akan banyak membantu di segala lini kehidupan.

Saat ini, sosok calon Walikota Denpasar yang maju bersama Made Bagus Kertanegara mengatakan, pihaknya tengah membuat konsep smart city yang terintegrasi secara realtime dengan data pendapatan daerah.

“Untuk mengetahui PAD secara realtime, perlu kami memikirkan konsep yang integral antara pendapatan dan data yang masuk, sehingga celah-celah kebocoran, juga terlihat secara realtime. Saya yakin ini bisa dilakukan hanya dengan teknologi digital,” kata Gede Ngurah Ambara Putra, Senin, 5 Oktober 2020.

Ngurah Ambara mengaku, pihaknya banyak melakukan sharing bersama para ahli di bidang teknologi informasi untuk memberikan solusi. Tidak hanya di bidang ekonomi semata, bahkan menurut Gede Ngurah Ambara Putra, penanganan sampah dan lalu lintas juga menjadi program unggulan dalam alih teknologi di jantung Kota Pulau Bali itu.

“Sehingga ada jalan keluar di Kota Denpasar dalam menyelesaikan permasalahan yang ada, ini kita matangkan sejak sekarang,” jelasnya.

Konsep Smart City yang diusung oleh paslon AMERTA dalam membangun Kota Denpasar, bersifat mempertajam dan melengkapi konsep yang saat ini telah eksis. Digitalisasi birokrasi juga menjadi bidikannya untuk mempercepat dan memudahkan masyarakat dalam mengurus hal-hal yang bersifat administratif.

Hal yang sama juga akan dilakukan di bidang seni budaya, pendidikan sampai pada kebutuhan hajat masyarakat seperti kelahiran, perkawinan hingga menyelesaikan urusan administrasi kematian.

“Kalau sebelumnya perlu waktu seminggu, dengan digitalisasi bisa dilakukan lebih cepat, jika hari itu juga bisa selesai,” kata Ambara Putra.

Gede Ngurah Ambara Putra mendapatkan banyak masukan dari sejumlah ahli teknologi digital, maupun akademisi ketika menggelar pertemuan secara virtual di Posko Pemenangan AMERTA di jalan Tulip, Denpasar, Senin, 5 Oktober 2020. (Way)