Ketua TP PKK Bali Dorong Petani Tabanan Bentuk Koperasi

    


Ketua TP PKK Bali Putri Suastini Koster menghadiri panen bawang di Desa Babahan, Kabupaten Tabanan - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Desa Babahan, Kabupaten Tabanan menjadi salah satu Desa penyumbang bawang putih dengan kuliatas terbaik di Bali. Petani di Desa itu mengembangkan sistem pertanian mereka dengan menggunakan pupuk organik.

“Selain bawang putih, Desa Babahan juga dikenal sebagai penghasil beras merah terbaik di Bali,” kata Perbekel Desa Babahan I Made Suka Pariana.

Ketenaran Desa Babahan mengembangkan pertanian organik mendapat perhatian dari Ketua TP PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster.

Menurut pendamping orang nomor satu di Bali itu, Tabanan harus bangga dinobatkan sebagai lumbung padi Bali. Namun dikatakan lagi, untuk mendukung sektor pertanian itu, perlu ditambah dengan koperasi.

Sehingga, hasil panen petani dapat ditampung oleh koperasi dan petani dapat mengakses permodalan dari sana.

“Sehingga keperluan para petani bisa diakomodir dari koperasi itu,” kata Putri Koster, Minggu (13/9/2020).

Selain dari koperasi, akses permodalan juga bisa didapat dari Bank Pembangunan Daerah (Bali) Bali. Namun, ia menekankan kelompok petani maupun klian atau Bendesa harus lebih aktif mencari informasi permodalan melalui bank.

“Seharusnya permodalan bukanlah masalah sulit. Kita punya BPD, banknya rakyat Bali. Jika secara aktif mencari permodalan, pasti akan dibantu,” ujarnya.

Ia mengatakan, dengan adanya koperasi petani, hasil pertanian di Desa Babahan dan desa-desa lain, akan memberikan kontribusi bagi masyarakat Bali dalam memenuhi kebutuhan pertanian. Kelak, kebutuhan pokok masyarakat Bali bisa disalurkan dari Tabanan.

“Kita bisa mandiri secara pangan, sehingga sesuai dengan visi misi bapak Gubernur kita, Nangun Sat Kerthi Loka Bali,” katanya. (Way)